Peristiwa

Pohon Tumbang Kerap Telan Korban, Forpmawa Sebut Pemerintah Harus Serius Menangani

PROSESNEWS.ID — Forum Pelajaran Mahasiswa Tibawa (Forpmawa), angkat bicara terkait sejumlah kasus tumbangnya pohon yang kerap terjadi hingga memakan korban jiwa di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo.

Fathu Rahman selaku Ketua Forpmawa berharap kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk menyeriusi masalah tumbangnya pohon tersebut, pasalnya, hal itu bukan pertama kali terjadi melainkan sudah berulang.

Hal itu disampaikan bersamaan dengan insiden tumbangnya pohon yang baru saja terjadi di Isimu Raya hingga menyebabkan seorang ibu meninggal dunia dan sejumlah korban lainnya mengalami luka serius.

“Iya, karena ini sudah beberapa kali terjadi, dan korban juga terus berjatuhan akibat tertimpa pohon yang tumbang,” kata Fathu atau yang kerap disapa Ijan kepada tim Prosesnews.id, Jumat (08/03/2024).

Tidak terlepas dari ajal yang menimpa korban hingga meninggal dunia, Ijan menilai kelalaian dari pemerintah juga menjadi salah satu faktor, sehingga perlu ada tindakan yang serius untuk mengatasi pohon tumbang sebelum terjadi peristiwa serupa.

Lebih lanjut, terkait tumbangnya pohon ini, kata Fathu Rahman, sejak tahun 2022 sudah disuarakan oleh Forpmawa itu sendiri baik di DPRD maupun Kantor Bupati Gorontalo melalui aksi parlemen, akan tetapi belum ada langkah konkret yang diberikan.

“Pak Bupati harus responsif terhadap hal ini dan mengerahkan perangkat pemerintah daerah untuk gerak cepat. Khusus untuk Dinas Lingkungan Hidup, kami Forpmawa meminta agar segera dievaluasi, karena ada keluhan masyarakat katanya DLH cenderung acuh terhadap laporan masyarakat terkait beberapa pohon yang dinilai akan berbahaya bagi keselamatan warga,” lanjutnya.

Di tempat yang sama, dengan perubahan iklim yang tidak menentu, Azwar Hamim sebagai aktivis Kecamatan Tibawa berharap pemerintah agar meningkatkan upaya adaptasi dan mitigasi, pemantauan secara rutin untuk menghindari hal-hal demikian.

“Agar pemerintah dapat benar-benar menjalankan peran, utamanya dalam melindungi dan memastikan kenyamanan masyarakat di tengah-tengah tantangan perubahan iklim yang tidak menentu,” pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan secepatnya akan melakukan penataan terhadap pohon-pohon yang dinilai berpotensi tumbang sehingga kejadian yang terjadi di Isimu Utara tidak akan terulang lagi.

“Ditata boleh, karena saya tidak senang menebang pohon sembarangan. Terus nanti kita akan melakukan pergantian terhadap pohon-pohon itu,” jelas Nelson.

Reporter: Pian N Peda

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

2 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

3 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

5 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

9 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

9 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

13 jam ago