Politik

PRD Sulteng, Dukung Rusdi-Ma’mun Menjadi Gubernur

PROSESNEWS.ID – Belum lama ini, Komite Pimpinan Wilayah Partai Rakyat Demokratik PRD, Provinsi Sulawesi tengah. Menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil). Minggu, (09/02/20).

Kegiatan Rakorwil yang dilaksanakan di Aula Wisma Cokelat Halimun Banggai itu, Mengusung Tema “Perkuat organisasi, bangun ekonomi songsong pemilu 2024.”

Sekretaris Wilayah PRD Sulteng Aristan Majid menuturkan, tema itu sengaja di angkat sebagai bentuk kesiapan, sekaligus konsolidasi. Semua struktur Partai, yang sudah terbentuk di beberapa Kabupaten dan Kota. Dalam mempersiapkan PRD, ikut dalam kontestasi Pemilu 2024.

“Selain membahas hal-hal yang strategis, tentang perluasan organisasi dan kemantapan ekonomi. Kegiatan ini juga membahas situasi ekonomi dan politik Provinsi Sulawesi Tengah,” ujarnya

Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tengah, yang akan digelar beberapa bulan kedepan, juga menjadi poin penting, yang masuk dalam agenda pembahasan Rakorwil tersebut.

Aristan mengatakan, dari beragam tanggapan dan pandangan Komite Pimpinan Kabupaten/Kota. Partai Rakyat Demokratik di masing-masing Daerah. Alhasil, Kontestasi pemilihan Gubernur, mengerucut ke pasangan Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir, yang di usung oleh Partai NasDem.

“Keputusan bloking politik kepada pasangan Rusdy-Ma’mun, tidak serta merta lahir begitu saja. Tapi lahir dari Musyawarah dan perdebatan atas situasi ekonomi politik, dari masing-masing Daerah,” ketusnya

Dia mengatakan, PRD dan Rusdy Mastura. Sebenarnya punya sejarah di pentas Pemilu Elektoral sebelumnya. Sehingga, pertimbangan secara politik. Serta programatik kemandirian, menjadi hal yang paling mendasar, dalam lahirnya keputusan bloking politik kali ini.

Lebih lanjut ujar dia, Politik divestasi Participating interest (PI). Menjadi dua hal dari beberapa gagasan programatik yang jadi indikator, Pilihan ke pasangan Rusdy-Ma’mun.

“PRD secara organisasi ikut terlibat dalam proses, perjuangan Participating interest 10% di sektor migas. Proses PI ini harus terus dikawal dan diperjuangkan. Nah, Rusdy-Ma’mun merupakan pasangan yang diharapkan, bisa menuntaskan gagasan PI 10%, yang dulu ikut diperjuangkan oleh Partai NasDem,”jelasnya

Bagi PRD kata dia, gagasan seperti itu merupakan satu dari banyak hal paling fundamental. Sebab, berhubungan langsung dengan optimalisasi pendapatan Daerah, disektor SDA yang kita miliki.

Konsistensi, komitmen serta gagasan visioner dari seorang Rusdy Mastura kami yakini bisa melakukan hal-hal kemandirian bagi Daerah. Bagaimanapun, Sulawesi tengah menurutnya, butuh ide-ide “Gila” yang adaptif dan kompatibel. Dengan gerak perkembangan zaman dari seorang Pemimpin. Itu bisa dilihat dari gagasan-gagasan yang ditawarkan oleh Rusdy Mastura.

“Pilihan bloking politik terhadap Rusdy-Ma’mun, juga bisa linear dengan kerja-kerja politik Aristan di Kota Palu, yang sebelumnya juga diputuskan oleh PRD secara keorganisasian. Dua figur ini, merupakan figur yang punya sejarah keberpihakan yang jelas,” ungkapnya

Terakhir dia menambahkan, bahwa Keputusan Rakorwil tersebut, nantinya akan diikuti dengan kerja-kerja kongkrit. Di beberapa Kabupaten/Kota, yang sudah terbentuk struktur Partai.

Sebelumnya, Kegiatan Rakorwil tersebut, di hadiri oleh beberapa struktur inti Kabupaten/kota. Mulai dari Kabupaten Donggala, Sigi, Palu, Morowali, Poso, Ampana, Banggai, dan Kabupaten Buol. Selain struktur inti Partai, turut hadir pula ormas yang terafiliasi dengan Partai. Yakni LMND di sektor Mahasiswa, Serikat Tani Nasional dan Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia.

Editor : Majid Rahman

Share
Published by
Editor

Recent Posts

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

15 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

18 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

18 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

20 jam ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

1 hari ago