Sulawesi Tenggara

Proyek Pengerjaan Jalan Simpang Tiga Lombe-Mawasangka Dipastikan Selesai Tahun Ini

PROSESNEWS.ID, BUTON TENGAH – Pekerjaan perkerasan jalan simpang tiga Lombe-Mawasangka yang dikerja oleh CV Tunas Harapan Lakina Wolio dengan nilai kontrak Rp 13 miliar 520 juta saat ini masih terus dalam tahap pengerjaan meskipun sudah dipenghujung tahun.

Dari pantauan awak media dilapangan, pekerjaan yang terbagi dalam empat (4) segmen itu, baru menyelesaikan satu segmen yang ada dipertengahan antara Desa Lolibu dan Langkomu. Sementara pada segmen 2,3 dan 4 saat ini belum teraspal.

Estimasi waktu pengerjaannya pun terbilang sudah sangat kasit. Pasalnya dalam kontrak kerja, proyek tersebut mestinya sudah mulai bekerja sejak Juli 2022 lalu namun nyatanya nanti pada bulan September pembersihan lahan dan penghamparan material baru terlaksana.

Karena kondisi itu, kemudian sejumlah awak media coba mengkonfirmasi keadaan itu pada pihak Pekerjaan Umum (PU) Buton Tengah.

Melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Laode Syarif, saat ditemui diruang kerjanya mengungkapkan kalau pekerjaan jalan yang kini dikerjakan oleh CV Tunas Harapan Lakina Wolio dipastikan selesai sebelum menyebrang tahun.

“Kalau estimasi kami, pekerjaan itu akan selesai. Makanya kemarin itu sudah pengaspalan disegmen pertama yang ada di Desa Langkomu,” kata Kabid Bina Marga PU Buteng, Laode Syarif, Senin (13/12/2022).

Yang membuat yakin Syarif, kalau pekerjaan jalan itu akan kelar sebelum akhir tahun karena ada sejumlah progres yang terus bergerak pada masing-masing segmen pekerjaan.

Meskipun diakui, salah satu faktor keterlambatan pekerjaan karena adanya kerusakan sejumlah alat dan perubahan sejumlah desain ditengah pekerjaan.

“Ada juga sih yang buat keterlambatan sebelumnya itu seperti rusaknya alat penghampar aspal dan perubahan gambar pada segmen 3 setelah dievaluasi,” ucapnya.

“Walaupun begitu kami juga sudah lakukan pengecekan lapang serta memberi teguran keterlambatan pada titik kritis kontrak. Makanya sekarang mereka mulai kebut,” tambahnya.

Pada segmen 2 yang terletak di dalam Desa Langkomu, masih kata Syarif, pihak kontraktor saat ini tinggal menunggu pengaspalan saja. Namun, pada segmen 3 dan 4 sementara masih melakukan pengisian material disekitar talud yang berada dibahu jalan.

“Kalau sudah selesai diisi material batu kapur ini disekitar talud ini kemungkinan sudah bisa diaspal. Apalagi kalau untuk pengaspalan ini dikerjakan mungkin hanya satu hari saja,” ungkapnya.

Reporter : Win

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

5 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

9 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

10 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago