Gorontalo

PSBB Tahap Dua Diperpanjang Hingga 31 Mei

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat mengumumkan penambahan waktu pemberlakuan PSBB tahap kedua, Selasa (19/05/2020). PSBB tahap dua berlaku mulai tanggal 18 hingga 31 Mei 2020. Foto : Salman – Humas

PROSESNEWS.ID – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, umumkan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap dua di Provinsi Gorontalo diperpanjang hingga Minggu 31 Mei 2020. Selasa (19/05/2020).

Dalam keterangannya, melalui siaran langsung di laman Facebook Humas Gorontalo Prov, Gubernur Rusli menyampaikan, keputusan perpanjangan PSBB tahap dua ini berdasarkan masukan dari seluruh bupati, dan walikota serta unsur forkopimnda se Provinsi Gorontalo.

“Setelah melakukan rapat pembahasan terkait PSBB, maka hasil rapat tersebut menyepakati untuk melanjutkan pemberlakuan PSBB tahap kedua. Terhitung mulai tanggal 18 Mei 2020 sampai dengan tanggal 31 Mei 2020,” terang Rusli.

Sebelumnya kata Rusli, menurut kajian tim crisis centre UNG selama PSBB tahap pertama pergerakan orang masuk dan aktifitas didalam wilayah Gorontalo mengalami penurunan, namun situasi Gorontalo masih mengkhawatirkan. Ini karena belum melewati kisaran waktu 50 hingga 60 hari yang merupakan puncak penularan virus Covid-19.

“Terhitung sejak kasus pertama pada 10 April 2020, Gorontalo diperkirakan masih akan mengalami peningkatan yang signifikan jika tidak dilakukan langkah antisipatif untuk menahan laju penyebaran kasus di tengah-tengah masyarakat,” lanjut Rusli.

Untuk, pemberlakuan PSBB tahap kedua ini, Rusli menjelaskan, waktu aktifitas masyarakat diubah menjadi pukul 06.00 WITA hingga 19.00 WITA. Selain itu seluruh pelaku usaha yang masih menjalankan usahanya akan di atur dengan merujuk pada protokol kesehatan yang berlaku.

“Saya minta terus dilakukan pembinaan oleh bupati dan walikota melalui dinas terkait. Untuk memastikan para pelaku usaha menyiapkan sarana prasarana sepertu tempat cuci tangan, hand sanitizer serta membuat penanda jarak antar pelanggan. Membatasi jumlah pelanggan yang masuk agar tidak berdesak-desakan. Tegas tidak melayani pelanggan yang tidak menggunakan masker dan secara rutin melakukan disinfeksi di tempat usahanya,” jelasnya.

Sementara itu, bagi masyarakat Gorontalo yang saat ini ada diluar daerah dan berniat mudik ke Gorontalo, Rusli meminta untuk mengurungkan niatnya. Sejak PSBB tahap pertama hingga tahap kedua akses masuk baik darat, laut maupun udara akan tetap ditutup.

Rusli menambahkan seluruh peraturan telah diatur dalam peraturan Gubernur nomor 18 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan Gubernur nomor 15 tahun 2020. Ia menginginkan seluruh elemen memastikan pelaksanaan PSBB tahap kedua ini mampu menekan angka penyebaran virus corona di Gorontalo secara efektif. (Ads)

Recent Posts

Dukungan Relawan Mantan Kades Perkuat Kampanye Tonny-Marten

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

8 jam ago

Tonny Uloli dan Marten Taha Kukuhkan Relawan di 3 Kecamatan Kabgor

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

9 jam ago

Wasito Turun Langsung Mengedukasi Petani Boliyohuto dalam Pemanfaatan Lahan

PROSESNEWS.ID – Calon Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Wasito Sumawiyono, turun langsung ke lapangan bersama para…

1 hari ago

Ketua KPU Pohuwato Akui Hubungan Keluarga dengan Paslon Pilkada

PROSESNEWS.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, secara terbuka menyatakan…

1 hari ago

Rudy Tekankan Pentingnya Ikon Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon…

1 hari ago

Rakor KPU Bone Bolango Bahas Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Serentak Tahun…

1 hari ago