Olahraga

Pulihkan Tubuh Setelah Olahraga dengan Minuman dan Makanan Ini

Mana Lebih Baik, Minuman Isotonik atau Jus Buah?

PROSESNEWS.ID – Selama sesi olahraga, simpanan energi atau glikogen dapat habis, protein pada otot dapat rusak dan cairan bersama elektrolit hilang melalui keringat. Oleh karena memenuhi kebutuhan nutrisi setelah olahraga sangat penting untuk mengisi kembali glikogen otot yang terkuras dari kebutuhan fisik.

Mengonsumsi makanan pemulihan setelah olahraga juga dapat membantu merangsang proses pembentukan protein untuk memperbaiki dan membangun jaringan otot baru serta mengembalikan keseimbangan cairan dan elektrolit.

Selain mengonsumsi minuman air kelapa atau minuman isotonik yang kaya air, berikut ini adalah minuman dan makanan yang baik dikonsumsi setelah olahraga seperti dikutip dari klikdokter.

  1. Susu Cokelat

Susu mengandung rasio antara karbohidrat dan protein yang ideal yaitu 4:1 untuk membantu memberikan energi dan menyusun kembali otot Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan pada atlet menemukan, mereka yang rutin minum satu gelas susu setelah berolahraga akan mengalami recovery lebih cepat ketimbang minuman yang hanya mengandung karbohidrat.

  1. Smoothie Cokelat

Smoothie cokelat dengan campuran seperti buah ceri adalah minuman yang tepat setelah olahraga berat. Nyatanya, ceri mengandung antioksidan yang dapat membantu menangkal kerusakan otot. Bila terbiasa minum smoothie cokelat dengan ceri atau jus ceri, Anda cenderung jarang mengalami nyeri otot dan kehilangan kekuatan setelah rutinitas latihan ketahanan.

  1. Protein Shake
    Minuman sehat ini juga layak jadi pilihan asupan setelah olahraga. Campurkan protein bubuk rasa cokelat dengan 1/2 pisang, 1 sdm mentega (boleh rendah lemak), dan 1 cup kacang almond. Smoothie ini mengandung sekitar 30 gram protein, yang merupakan jumlah maksimum yang dapat diserap tubuh per makanan. Setelah olahraga intens, jumlah protein ini sangat ideal untuk memulihkan otot Anda.
  2. Greek Yogurt

Greek yogurt merupakan sumber protein yang baik dan mampu membantu pemulihan otot. Dipadukan dengan potongan buah beri bisa jadi pilihan sederhana untuk camilan usai olahraga. Buah beri dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatur hormon, dan melawan sel kanker.

Sebelum mengonsumsi makanan, pastikan memberikan asupan cairan terlebih dahulu bagi tubuh. Beri jeda waktu beberapa saat sebelum mulai mengonsumsi makanan.

  1. Telur dan Roti

Menu ini memang sangat identik dengan sarapan. Namun, roti panggang dan telur ternyata bisa jadi makanan sehat setelah olahraga. Karena kombinasi karbohidrat dan protein yang baik untuk dikonsumsi setelah olahraga.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

5 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

10 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago