Pemkot Gorontalo

Rakor Penanggulangan HIV/AIDS Fokus Implementasi 3 Zero KPA

PROSESNEWS.ID – Dalam rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan HIV/AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS) di Banthayo Lo Yiladia, Jumat (31/05/2024), Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) mendapat dukungan dari Wali Kota Gorontalo, Marten Taha atas program 3 Zero yang tengah dijalankan.

Dalam sambutanya, marten menyebut dirinya akan terus mendukung KPA dalam menanggulangi AIDS. Karena dalam hal ini wali kota itu sadar AIDS merupakan penyakit yang sulit dipantau penyebarannya dan dapat menyebabkan kematian. Maka harus mendapatkan perhatian yang serius.

Marten juga menegaskan, AIDS bukan hanya tugas KPA saja, tetapi seluruh stekeholder dan semua lapisan masyarakat. Program 3 Zero yang dimaksud meliputi zero new infection (tidak ada infeksi baru hiv), zero related death (tidak terjadi kematian akibat aids), dan zero stigma and discrimination (tidak ada stigma dan diskriminasi).

“Untuk itu diperlukan kerja sama dan partisipasi semua pihak, baik dari pemerintah, masyarakat, maupun pihak-pihak terkait lainnya. Mari bersama-sama bersinergi bersama KPA Kota Gorontalo agar tidak ada lagi penularan HIV/AIDS, ” ujar Marten.

Pemerintah Kota Gorontalo pun telah berupaya dalam mewujudkan ketiga target tersebut. Seperti peningkatan akses dan ketersediaan pelayanan kesehatan, penguatan sistem deteksi dini, pengembangan pendidikan serta komunikasi kesehatan serta pemberdayaan masyarakat dan juga para kelompok terdampak.

Meskipun demikian, Marten juga menyadari ada banyak tantangan yang harus dihadapi dalam mencapai 3 Zero tersebut. Sehingga dibutuhkan dukungan dan kerja sama dari semua pihak.

Marten berharap kepada seluruh masyarakat Kota Gorontalo agar dapat melakukan literasi dan edukasi serta sosialisasi mengenai bahaya dari penyakit tersebut.

“Kita hanya berupaya mencegah bagaimana agar tidak tertular HIV/AIDS ini, jangan melakukan tindakan-tindaka yang dapat menimbulkan penyakit tersebut,” tuturnya.

Reporter: Dewi Musa

Recent Posts

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

21 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

2 hari ago