Pemkot Gorontalo

Realisasi Keuangan dan Fisik Triwulan I Rendah, Marten Dorong OPD Pacu Kinerja

PROSESNEWS.ID – Serapan anggaran dan realisasi fisik Pemerintah Kota Gorontalo pada triwulan I tahun 2024 masih rendah.

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) penyerapan anggaran triwulan I yang diselenggarakan oleh Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Gorontalo pada Kamis (23/5/2024) di Manado.

“Berdasarkan laporan yang disampaikan Kabag Pembangunan, realisasi di empat bulan pertama tahun ini masih rendah. Realisasi fisik mencapai 29,63 persen dan keuangan 23,31 persen,” ungkap Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, saat memberikan sambutan sekaligus membuka Rakorev tersebut.

Marten Taha menjelaskan, rendahnya realisasi keuangan dan fisik disebabkan oleh kondisi pembiayaan keuangan daerah yang tidak sebaik sebelumnya, karena ruang fiskal yang tersedia telah berkurang.

“Kondisi ini tidak hanya terjadi di Kota Gorontalo, namun juga berlaku bagi semua daerah, dimana regulasi keuangan dan kondisi transfer daerah sudah dibatasi dan tidak seleluasa tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya.

Meski menghadapi tantangan tersebut, Marten meminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memacu realisasi keuangan dan fisik dengan membuat langkah-langkah strategis untuk menggali potensi guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Selain itu, ke depan OPD harus lebih berkreativitas, merencanakan belanja yang tepat, efektif, dan efisien. Namun, belanja tersebut harus bisa menimbulkan kontribusi atau dampak terhadap penerimaan keuangan daerah,” tambahnya.

Marten Taha berharap dengan adanya upaya tersebut, realisasi keuangan dan fisik dapat meningkat dan memberikan dampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Gorontalo.

Recent Posts

Kepulangan Jemaah Haji Gorontalo Kloter 12 Disambut Pj Gubernur

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin menyambut kedatangan 450 jemaah haji yang tergabung…

15 menit ago

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

22 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago