Pemkot Gorontalo

Ryan Kono Dorong Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan

PROSESNEWS.ID — Wakil Wali Kota Gorontalo, Ryan Kono, menekankan urgensi peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dalam rapat koordinasi yang digelar di Hotel Grand Quality Kota Gorontalo pada Rabu (6/12/2023).

Dalam sambutannya, Ryan juga mengangkat isu digitalisasi Dukcapil sebagai solusi untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan.

Menurutnya, langkah ini menjadi krusial mengingat perkembangan teknologi saat ini telah membuka peluang untuk memodernisasi proses-proses yang terkait dengan kependudukan.

“Hal ini tercermin dalam penyesuaian beberapa ketentuan dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, dengan perubahan dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan,” jelas Ryan.

Ryan Kono juga menyampaikan, saat ini pemerintah sedang berupaya maksimal untuk menyukseskan pemilu 2024 dan telah mengambil langkah-langkah digitalisasi Dukcapil menggunakan teknologi di semua aspek. Administrasi kependudukan dipandang sebagai serangkaian kegiatan dan penataan dokumen serta data kependudukan melalui pendaftaran penduduk.

Dengan diselenggarakannya rapat koordinasi ini, Pemerintah Kota Gorontalo berharap agar aparat pemerintah tingkat kecamatan dan kelurahan dapat segera mengimplementasikan aturan dan prosedur hukum yang telah ditetapkan.

Pemerintah Kota Gorontalo meyakini langkah-langkah ini akan membawa perubahan positif dalam pelayanan administrasi kependudukan, memberikan kemudahan bagi masyarakat, dan mendukung kelancaran pemilu 2024.

Reporter: Yowan Moha

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

2 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

2 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

4 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

8 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

9 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

13 jam ago