Gorontalo

Santri Digital Preneur Gorontalo 2024, Mencetak Generasi Kreatif dan Berdaya Saing

PROSESNEWS.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI bekerja sama dengan Duta Santri Nasional menyelenggarakan acara “Santri Digital Preneur Indonesia 2024” dengan tema “Generasi Kreatif, Berdaya Saing”. Acara ini berlangsung dari tanggal 21 hingga 24 Juni 2024 di Pondok Pesantren Al-Huda, Kota Gorontalo.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno. Dalam sambutannya, Sandiaga menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendidik para santri yang jumlahnya kurang lebih 5 juta di seluruh Indonesia, tersebar di sekitar 28.000 pondok pesantren, dengan salah satu yang tertua adalah Pondok Pesantren Al-Huda.

“Kami berharap kegiatan ini mampu mencetak santri yang kreatif dan berdaya saing dengan kemampuan memasuki ekonomi digital. Mereka diharapkan bisa menebar dakwah melalui konten-konten yang baik serta menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja baru bagi para santri,” ujar Sandiaga.

Sandiaga juga berterima kasih kepada Pejabat Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin, dan Penjabat Wali Kota Gorontalo, Ismail Madjid yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Tak lupa, Ia juga mengajak Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Pemerintah Kota Gorontalo untuk terus berkolaborasi dengan Pondok Pesantren Al-Huda dan pesantren lainnya di Gorontalo.

“Nanti Pak Gub dan Pak Wali bisa berkolaborasi dengan dengan Pondok Pesantren Al-Huda dan di sekitarnya,” tutup Sandiaga.

Sejarah dan Visi Santripreneur

Santri memiliki sejarah panjang sebagai pejuang kemerdekaan dan pengisi kemerdekaan yang berdedikasi. Dalam satu setengah dekade terakhir, semangat bisnis dan gerakan kewirausahaan di dunia santri telah melahirkan generasi baru, yaitu santripreneur. Santripreneur adalah individu yang alim dalam agama, bermoral, memiliki mentalitas yang kuat, cakap dalam berbisnis, dan berdedikasi dalam karya.

Fenomena ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam pembangunan ekonomi bangsa di tengah pusaran MEA (Masyarakat Ekonomi Asia). Oleh karena itu, penting untuk merumuskan konsep besar yang dapat menginspirasi dan mendorong para pemuda Indonesia dalam membangun ekonomi negeri.

Visi dan Misi Santripreneur

Visi:
– Mewujudkan Santripreneur yang Mandiri, Kuat, & Mendunia

Misi:
– Mendukung, membantu, serta melaksanakan program-program pengembangan usaha
– Menginspirasi dan menciptakan generasi baru santripreneur
– Menyebarkan semangat berwirausaha di kalangan santri

Jaringan Kerja Sama Santripreneur Indonesia

Santripreneur Indonesia bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk:

  • Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (KEMENPORA)
  • Kementerian Koperasi dan UKM RI
  • Indonesian Islamic Business Forum (IIBF)
  • Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI)
  • Himpunan Pengusaha Nahdlatul Ulama (HPNU)
Santri Digitalpreneur Indonesia 2024

Santri Digitalpreneur Indonesia 2024 adalah wadah pelatihan kreativitas santri yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para santri dalam memproduksi konten yang kreatif dan inovatif, sambil tetap memperhatikan nilai-nilai akhlaqul karimah. Pada kegiatan ini, para santri diharapkan bisa menghasilkan berbagai macam konten digital yang kreatif, baik dalam bentuk poster maupun video, yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Recent Posts

PT AGIT Rayakan HUT ke-3 dengan Peluncuran Program Pelatihan Bahasa Inggris dan Magang

PROSESNEWS.ID – Memperingati HUT ke-3, PT Anggrek Gorontalo Internasional Terminal (AGIT) meluncurkan serangkaian program sosial…

9 jam ago

Ayo Sukseskan Tracer Study untuk Lulusan SMK Tahun 2023, Wujudkan SMK Lebih Maju dan Hebat

PROSESNEWS.ID - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Dinas Dikbud Provinsi Gorontalo Bidang…

14 jam ago

SMKN 3 Gorontalo Tingkatkan Penguatan Karakter Peserta Didik untuk Cetak Generasi Siap Kerja

PROSESNEWS.ID - SMKN 3 Gorontalo terus memperkuat program pengembangan karakter peserta didik sebagai upaya mencetak…

14 jam ago

Pasangan Gusnar-Idah Dengar Keluhan Warga Tenilo Terkait Tanggul Sungai

PROSESNEWS.ID – Saat melaksanakan kampanye blusukan di Kelurahan Tenilo, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, pasangan calon…

1 hari ago

Konflik Panwascam dan PPS di Gorontalo, Ini Sikap KPU dan Bawaslu

PROSESNEWS.ID – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Gorontalo, berbagai lembaga seperti KPU, Bawaslu,…

2 hari ago

Terbukti Cabuli Keponakan, Pria di Gorontalo Terancam 15 Tahun Penjara

PROSESNEWS.ID - Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Satreskrim Polresta Gorontalo Kota menetapkan tersangka dan melakukan…

2 hari ago