Daerah

Sektor Pertanian Jadi Sumber Penghasilan Warga Desa Tonala

Ilustrasi tanaman jagung. (Foto : Istimewa).

PROSESNEWS.ID – Sektor pertanian, menjadi sumber penghasilan masyarakat Desa Tonala, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo.

Dari pantauan Prosesnews.id, adapun penghasilan dari mayoritas penduduk Desa Tonala, yaitu seperti Jagung, Cabai, Kemiri, hingga masyarakat setempat memproduksi Gula Merah.

Salah satu Ketua Kelompok Tani di Desa Tonala, Ani Masiri, saat ditemui awak media Prosesnews.id, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, rata-rata masyarakat Tonala memang bertani.

“Benar pak, dan bahkan kurang lebih 60% lahan di desa ini, dijadikan untuk lahan pertanian.” Kata Ani, Minggu, (31/01/2021).

Ani sendiri untuk membeli bibit dan pupuk jagung, merogoh kocek sekitar  Rp. 2.500.00. Itu untuk satu kali penanaman di lahan miliknya yang berukuran  2 hektar.

“Alhamdulillah, kalau panen itu, hasilnya mencapai 5-6 ton. Lumayan, jika dijual, keuntungannya juga lumayan. Kadang 10 sampai 20 juta,” urainya.

Sementara itu, Kepala Desa Tonala, Sumarno Antule, menuturkan, akan terus berbuat yang terbaik untuk mendorong sektor pertanian di Desa Tonala,

“Alhamdulillah, sejak terbukanya akses jalan ke desa Tonala ini, para petani tidak susah-susah lagi untuk menjual hasil pertanian yang akan mereka jual,” kata Sumarno.

Sebab pembeli yang dari luar desa Tonala, lanjutnya, itu langsung datang di tempat, dan membeli hasil pertanian dari para petani.

“Karena jika langsung datang ke petani, akan mendapatkan hasil pertanian yang lebih murah dan ketika di jual kembali, akan mendapatkan hasil yang besar,” jelas Kades Tonala.

Ia pun menambahkan, saat ini pihaknya masih terus berupaya untuk mendapatkan anggaran selain dana ADD untuk mempermudah akses di desa Tonala.

Sebab, menurutnya, hal itu, tentu membawa kebaikan untuk masyarakat. Khususnya, para petani untuk mempermudah pengelolaan hasil pertanian mereka.

“Selain dana dari ADD, kami juga berupaya mendapatkan anggaran dari pemerintah Kabupaten maupun Provinsi untuk meningkatkan akses jalan yang ada di desa tonala ini, terutama untuk jalan pertanian,” tutupnya.

Reporter : Agil Mamu

Recent Posts

Pasangan DEWA Tarik Ribuan Simpatisan di Kecamatan Tibawa

PROSESNEWS.ID – Deklarasi pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Wasito Sumawiyono, yang…

2 hari ago

Roni Adnan Siap Tingkatkan Kesejahteraan Imam dan Guru Ngaji

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Roni Adnan, mendapatkan sambutan meriah dari ratusan…

2 hari ago

Dua Bapaslon Pilkada Boalemo Terima Catatan SK Pengunduran Diri, Tiga Lainnya Lolos

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boalemo resmi mengumumkan hasil penelitian perbaikan administrasi bakal pasangan…

2 hari ago

KPU Kabgor Akan Rekrut 4.900 Anggota KPPS, Berikut Syaratnya

PROSESNEWS.ID - Anggota Komisi KPU Kabupaten Gorontalo, Sowan Dehi, mengungkapkan syarat-syarat penting dalam tahapan perekrutan…

2 hari ago

KPU Gorontalo Gelar Rakor Persiapan KPPS Menuju Pilkada

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) pada Sabtu, 14…

2 hari ago

Forkopimda Kabgor Pastikan Tidak Ada Izin untuk Trans Queen Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gorontalo memastikan tidak ada izin yang dikeluarkan…

3 hari ago