Kab. Buton Tengah

Serahkan LKPJ 2021 ke DPRD, ini Capaian Bupati Buteng

Serahkan LKPJ 2021 ke DPRD, ini Capaian Bupati Buteng

PROSESNEWS.ID, BUTON TENGAH – Bupati Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) Samahuddin yang diwakili oleh Sekda, Kostantinus Bukide menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2021 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) saat digelar paripurna.

Laporan tersebut langsung diterima oleh wakil ketua II DPRD Buteng, Suharman selaku pemimpin sidang.

Dalam mengawali pidato pengantar pertanggungjawabannya, Kostantinus mengaku sangat bangga atas perkembangan pertumbuhan infrastruktur dan lompatan karya kemajuan Buteng tanpa adanya pinjaman atau utang.

“Buteng tumbuh dengan mengandalkan APBD murni selama periode kepemimpinan kami tanpa pinjaman dari pihak manapun juga,” ucap Kostantinus mewakili Bupati, Senin (21/03/2022).

Olehnya itu, lanjut Kostantinus, pemerintah daerah terus berkomitmen untuk menggali dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan daerah, baik penerimaan perpajakan, retribusi maupun penerimaan lainnya.

“Pendapatan daerah ditahun 2021 ditargetkan sebesar Rp 619.704.164.939 dan realisasi melebihi target sebesar Rp 673.088.128.275 atau mencapai 108,61 persen,” lanjutnya.

“Sementara PAD tahun 2021 terealisasi sebesar Rp 18.332.931.449, mencapai target yang ditetapkan sebesar Rp 15.991.037.904 atau 114,65 persen. Dana perimbangan/transfer yang memberikan kontribusi paling besar yaitu Rp 627,806,791,376, melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp 576,650,110,962 atau 108,87 persen,” tambahnya.

Adapun pada capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Buteng Tahun 2021, berdasarkan hasil pengukuran, evaluasi dan analisis akuntabilitas kinerja yang memuat 8 tujuan dan 10 sasaran serta 18 indikator sasaran menunjukkan hasil yang memuaskan.

“Tentunya pencapaian kinerja pada tahun 2021 merupakan realisasi dari seluruh pelaksanaan kegiatan oleh jajaran Pemkab Buteng bersama DPRD berdasarkan rencana kerja pembangunan selama kurun waktu 1 tahun anggaran,” katanya.

Diujung, Kostantinus menyampaikan pesan Bupati Samahuddin mengenai perjalanan pelaksanaan pembangunan selama memimpin Buteng dari tahun 2017 hingga tahun 2022.

Bupati Samahuddin menyadari bahwa selama kepemimpinannya, ia belum dapat memenuhi seluruh aspirasi masyarakat ataupun menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada.

Hal itu bukan karena pemerintah kurang memperhatikan aspirasi masyarakat, melainkan karena keterbatasan sumber daya dan sumber dana serta tantangan pandemi Covid-19.

Kendati demikian, selama periode 2017-2022, sudah banyak keberhasilan yang dicapai dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Hal itu dibuktikan juga dengan cukup banyaknya pengakuan dan penghargaan berbagai pihak terhadap kemajuan dalam berbagai bidang yang dicapai oleh Kabupaten Buton Tengah.

“Walaupun kita harus akui juga di banyak hal masih terdapat kekurangan bahkan ketidakpuasan masyarakat. Permasalahan pembangunan yang kita hadapi kedepan semakin penuh tantangan yang sejalan dengan tuntutan dinamika pembangunan untuk menuju peningkatan kesejahteraan rakyat yang lebih baik lagi,” kunci Kostantinus (Adv).

Reporter: Win

Recent Posts

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

20 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

21 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

2 hari ago