Categories: KPU Boalemo

Setelah Sengketa, Burhanudin-Rivendi Penuhi Syarat KPU Boalemo

PROSESNEWS.ID – Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Boalemo dari jalur perseorangan, Burhanudin Pulubuhu dan Rivendi Luawo, akhirnya dinyatakan memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boalemo.

Keputusan ini diambil setelah dilakukannya rapat rekapitulasi hasil verifikasi faktual kedua dokumen syarat dukungan pada Ahad, 18 Agustus 2024.

Ketua KPU Boalemo, Yuyun S. Antu, menjelaskan, jumlah dukungan yang memenuhi syarat untuk pasangan Burhanudin-Rivendi mencapai 10.936. Angka ini melampaui syarat minimal yang ditetapkan sebesar 10.840 dukungan.

Dengan demikian, pasangan ini berhak melanjutkan ke tahapan berikutnya dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boalemo.

“Jumlah memenuhi syarat yakni 10.936, dan syarat minimal untuk calon perseorangan di Kabupaten Boalemo adalah 10.840. Sehingga Bapaslon Burhanudin Pulubuhu dan Rivendi Luawo memenuhi syarat dengan kelebihan 96 dukungan,” ujar Yuyun S. Antu dalam keterangannya, Ahad (18/08/2024).

Sebelumnya, pasangan ini sempat dinyatakan tidak memenuhi syarat pada verifikasi faktual kedua karena kekurangan 78 dukungan.

Namun, mereka kemudian mengajukan musyawarah penyelesaian sengketa ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Boalemo.

Bawaslu Boalemo memutuskan untuk memberikan kesempatan kepada Bapaslon Burhanudin-Rivendi untuk melengkapi kekurangan dokumen syarat dukungan. Sesuai dengan kesepakatan antara KPU dan Bapaslon, mereka diberikan kesempatan untuk memasukkan dokumen tambahan sebanyak 240 dukungan.

“Pada penyelesaian sengketa, diputuskan bahwa sesuai dengan kesepakatan antara KPU dan Bapaslon, mereka diberikan kesempatan untuk kembali memasukkan dokumen syarat dukungan sebanyak 240,” ujar Ketua Bawaslu Boalemo, Ronald Rampi, usai pelaksanaan musyawarah sengketa pada Sabtu (17/08/2024).

Recent Posts

KPU Kabgor Tingkatkan Partisipasi Masyarakat melalui Semarak Pilkada

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo resmi menyelesaikan seluruh rangkaian acara Semarak Pemilihan…

13 jam ago

KAMMI Gorontalo Minta Disdikbud Selesaikan Kasus Bullying dalam Sepekan

PROSESNEWS.ID – Puluhan mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Gorontalo menggelar aksi protes…

14 jam ago

Kapasitas Pasang-Roni Adnan Diakui Masyarakat Limboto Barat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Roni-Adnan mendapatkan apresiasi dari masyarakat saat menggelar…

15 jam ago

Usman Mbolosi Sebut Buteng Butuh Pemimpin Berkemampuan Akademis, Bukan Abal-Abal

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Ketua Kerukunan Keluarga Wambuloli, Usman Mbolosi, mengatakan hanya pasangan Dr Azhari-Adam…

15 jam ago

KPU Pohuwato Akan Rekrut 1.806 Anggota KPPS untuk Sukseskan Pemilu 2024

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato berencana merekrut 1.806 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan…

1 hari ago

Zulfikar Usira Pastikan Pasangan DEWA Akan Jangkau Seluruh Masyarakat Kabgor

PROSESNEWS.ID – Ketua tim pemenangan pasangan Hendra - Wasito (DEWA) , Zulfikar Usira menegaskan, pasangan…

1 hari ago