Nasional

Tahun 2024, Program Literasi Digital Nasional Bakal Jangkau 50 Juta Masyarakat

PROSESNEWS.ID – Program Literasi Digital Nasional yang diluncurkan Presiden Joko Widodo di Gelora Bung Karno, Jakarta, baru-baru ini, berpotensi menjangkau 50 juta masyarakat pada akhir tahun 2024.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerard Plate, meyakini, potensi ini akan menjadikan ruang digital dalam negeri semakin kondusif dan produktif, karena dipenuhi dengan konten-konten positif.

Sebab menurutnya, banyak dari masyarakat yang akan mendapatkan pengetahuan dari program di atas yang membuat individu cakap menggunakan ruang digital.

“Setidaknya terdapat 50 juta masyarakat Indonesia yang akan yang mendapatkan program literasi digital sampai tahun 2024 mendatang,”kata Johnny Gerard Plate, ketika peluncuran Program Literasi Digital Nasional, Kamis, (20/05/2021).

Secara teknis, pada setiap tahunnya, Kementerian Kominfo akan menargetkan sebanyak 12,4 juta pengguna ruang digital untuk mengikuti program ini.

Dengan terpenuhi sejumlah angka di atas pada setiap tahunnya, maka diyakini angka target pada tahun 2024 akan dapat terwujud.

“Nantinya setiap tahunnya program ini akan menjangkau partisipan pelatihan di 514 kabupaten kota di 34 provinsi di Indonesia,” imbuhnya.

Pelatihan yang diberikan kepada masyarakat pengguna ruang digital di dalam negeri mencakup pengetahuan tentang Budaya Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital, Etis Bermedia Digital, dan Cakap Bermedia Digital.

Empat jenis pelatihan ini, akan membawa perubahan yang signifikan terhadap berbagai perilaku masyarakat pengguna ruang digital di dalam negeri. Khususnya, dalam upaya pemanfaatan secara positif ketika berselancar di dunia maya.

“Menandakan keseriusan pemerintah dalam melakukan terobosan dalam meningkatkan kualitas pengguna ruang digital di tanah air,”ujarnya.

Dengan meningkatnya kualitas pengguna ruang digital, maka pemanfaatan internet dalam negeri yang mencapai USD124 miliar segera dapat terwujud. Karena, banyak masyarakat telah menggunakan ruang digital untuk kegiatan yang produktif.

“Setiap anak bangsa mampu mengoptimalkan pemanfaatan internet yang salah satunya ditandai dengan potensi digital ekonomi Indonesia,”ia menandaskan.

Editor : Abdul Majid Rahman

Recent Posts

Dukungan Relawan Mantan Kades Perkuat Kampanye Tonny-Marten

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

7 jam ago

Tonny Uloli dan Marten Taha Kukuhkan Relawan di 3 Kecamatan Kabgor

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

8 jam ago

Wasito Turun Langsung Mengedukasi Petani Boliyohuto dalam Pemanfaatan Lahan

PROSESNEWS.ID – Calon Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Wasito Sumawiyono, turun langsung ke lapangan bersama para…

1 hari ago

Ketua KPU Pohuwato Akui Hubungan Keluarga dengan Paslon Pilkada

PROSESNEWS.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, secara terbuka menyatakan…

1 hari ago

Rudy Tekankan Pentingnya Ikon Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon…

1 hari ago

Rakor KPU Bone Bolango Bahas Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Serentak Tahun…

1 hari ago