Pemkot Gorontalo

Tantangan Era Digital, Workshop CSIRT Dorong Peningkatan Keamanan Siber

PROSESNEWS.ID — Dalam menghadapi tantangan era digital yang semakin kompleks, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo, Ismail Madjid, menegaskan pentingnya menjaga keamanan siber.

Hal ini disampaikannya saat membuka Workshop Pengelolaan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Persandian Kota Gorontalo.

Workshop yang diikuti oleh anggota CSIRT dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam mencegah, menanggulangi, dan menanggapi insiden keamanan siber di wilayah Kota Gorontalo.

“Di era teknologi informasi, keamanan siber merupakan aspek yang tak bisa diabaikan,” kata Sekda Ismail dalam sambutannya.

CSIRT memiliki peran penting dalam menangani insiden keamanan siber di suatu wilayah, termasuk dalam penerimaan, pemantauan, dan penanganan laporan serta aktivitas terkait.

“Workshop ini diselenggarakan sebagai wujud komitmen Kota Gorontalo untuk memastikan tim tanggap insiden siber mampu menghadapi tantangan dalam hal menjaga ekosistem maya,” ujar Sekda Ismail.

Sekda Ismail juga menyampaikan apresiasi kepada para peserta workshop atas kontribusinya. Ia berharap agar workshop ini dapat memberikan manfaat yang berharga bagi semua yang terlibat.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua peserta yang telah hadir dan berkontribusi di workshop ini, semoga kita dapat memperoleh manfaat yang berharga dari sesi-sesi yang kita jalani hari ini,” ucap Ismail.

Workshop ini mendatangkan pemateri dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), antara lain Kartika Eko Hari Wibowo dan Siti Maryanti, untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pengelolaan CSIRT.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Kota Gorontalo dapat memperkuat sistem keamanan siber dan melindungi ekosistem maya dari berbagai ancaman yang ada.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

5 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

10 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago