Nasional

Terobosan Kominfo Percepat Konektivitas Internet Tanah Air

Ilustrasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan dapat membangun 9.113 BTS 4G hingga 2022 sehingga jaringan internet 4G dapat dihadirkan di 12.548 desa/kelurahan wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), agar kesenjangan digital di Tanah Air dapat dipangkas.

Laporan Bank Dunia terbaru menyebut hingga 2019 hanya 36 persen penduduk dewasa di perdesaan di Indonesia yang terkoneksi internet. Jumlah ini meningkat 30 persen dibanding 2011.

Sedangkan di perkotaan 62 persen penduduk dewasa yang sudah terkoneksi internet. Jumlah ini meningkat 42 persen dibanding 2011.

Menurut laporan Bank Dunia, secara keseluruhan, penduduk dewasa di Indonesia yang terakses internet meningkat dari 13 persen pada 2011 menjadi 51 persen per 2019.

Berdasarkan data Desember 2020 lalu, tercatat masih ada 12.548 dari 74.961 desa di Indonesia belum mendapatkan akses jaringan internet generasi keempat alias 4G. Agar desa-desa itu bisa terkoneksi internet, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mempercepat pembangunan infrastruktur digital di seluruh desa dari 2032 menjadi 2022. Percepatan dilakukan sebagai imbas dari pandemi corona.

“Pembangunannya lebih cepat 10 tahun,” kata Menteri Kominfo Johnny G Plate. “Kalau dilakukan secara biasa-biasa saja setidaknya baru selesai 2032.”

Menurut Johnny, dari 12.548 desa itu, infrastruktur 9.113 desa akan dibangun kementerian. Alasannya? Karena desa-desa itu masuk daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T). Sedangkan sisanya di luar 3T akan dibangun operator seluler. “Kami harap mereka berkomitmen secara simultan untuk menghadirkan sinyal selambat-lambatnya pada 2022,” ujar Johnny.

Untuk bisa membangun 9.113 desa itu, kementerian telah menyiapkan strategi dari hulu ke hilir. Dari hulu, Kominfo mengandalkan sembilan satelit telekomunikasi. Lima di antaranya milik negara dan empat lainnya disewa.

Selain itu, kementerian juga akan mengorbitkan satelit multifungsi yakni Satria berkapasitas 150 gigabyte per second (gbps) di 146 bujur timur slot orbit. Johnny berharap satelit ini meluncur pada kuartal akhir 2023.

Agar desa-desa itu terkoneksi internet, menurut Bank Dunia, pemerintah punya tiga utama. Pertama, mengoptimalkan spektrum untuk mobile broadband atau internet. Kedua, memperkuat infrastruktur jaringan aktif dan pasif. “Terakhir, memperkuat persaingan dari sisi rantai pasok,” kata Ekonom Senior Bank Dunia Sailesh Tiwari dalam acara virtual Bank Dunia bertajuk ‘Beyond Unicorns: Harnessing Digital Technologies for Inclusion in Indonesia’, Kamis (29/7/2021).

Jumlah Pengguna Internet

Hasil survei terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) periode 2019-kuartal II/2020 mencatat, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 196,7 juta jiwa (dari 266 juta jiwa populasi penduduk). Jumlah ini meningkat 25,5 juta dibanding 2018 atau 171,2 juta.

Adanya peningkatan jumlah pengguna internet itu bisa disebabkan beberapa faktor. “Yang pertama karena infrastruktur yang merata, misalnya seperti Palapa Ring, terus juga dengan kondisi saat ini (pandemi COVID-19) di mana masyarakat harus online,” ujar Ketua Umum APJII Jamalul Izza.

Dari jumlah itu, wilayah Pulau Jawa masih mendominasi (56,4 persen), pulau Sumatera sebesar 22,1 persen, Pulau Bali dan Nusa Tenggara 5,2 persen, Kalimantan 6,3 persen, Sulawesi 7 persen serta Maluku dan Papua 3 persen.

Dari ketersebaran itu memang harus diakui akses warga ke internet memang belum merata, terutama daerah luar Jawa. Karena belum merata itu tak salah jika pemerintah Jokowi saat ini bertekad untuk mengisi titik-titik yang masih kosong. Pengisian itu mulai dilakukan pada tahun ini.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

4 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

9 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago