Gorontalo

Tetap Tenang!! Gorontalo Negatif Virus Corona

PROSESNEWS.ID – Pandemi virus corona Covid-19 yang menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Gorontalo. Kini, pemerintah dibuat sibuk dalam pencegahan dan penanganannya.

Tidak terkecuali Provinsi Gorontalo, saat ini yang gencar-gencarnya melakukan penanganan terkait pencegahan virus corona.

Banyak hal yang telah dilakukan, dari intruksi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, tentang menyediakan tempat cuci tangan di setiap perkantoran hingga penyemprotan disenfektan di setiap tempat fasilitas umum dan perkantoran.

Untuk melanjutkan langkah-langkah pencegahan virus corona pun, Pemprov Gorontalo rencananya pada Jum’at (20/03/2020) besok, akan mencanangkan gerakan “Gorontalo Bergerak Cegah Corona”. Aksi tersebut akan dimulai pada pukul 08.00 WITA.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Darda Daraba, dalam konferensi pers di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Kamis (19/03/2020).

Dalam kesempatan itu, Ketua GTPP Darda Daraba menegaskan, saat ini Provinsi Gorontalo masih dalam kondisi negatif corona.

“Untuk menghindari segala informasinya agar tidak bias, melaui kesempatan ini sya sampaikan, sesuai dengan hasil pemeriksaan saat ini belum ada satu pasien yang terdeteksi terkena virus corona di Gorontalo. Saya tegaskan sekali lagi, belum ada yang terkena virus corona sesuai dengan spesimen hasil pemeriksaan,” bebernya.

Meskipun begitu, menurut data GTPP Covid-19 saat ini ada 83 Orang Dalam Pemantauan (ODP). 23 ODP telah selesai pemeriksaan. Tersisa 60 ODP yang masih menjalani pemantauan.

Sementara itu, untuk Pasien dalam Pengawasan (PDP) terdapat sembilan orang. Satu orang telah melakukan pemeriksaan dan sisanya delapan orang masih dalam proses pemeriksaan. Hasil pemeriksaan sampel dinyatakan negatif.

“Terdiri dari Kabupaten Gorontalo satu orang, Kota Gorontalo dua orang, Boalemo satu, kemudian Kabupaten Pohuwato satu, Bone Bolango satu dan Gorontalo Utara dua orang. Jadi yang PDP semuanya ada delapan orang,” tambah Darda.

Menyikapi hal ini, Ketua GTPP Darda Daraba meminta seluruh masyarakat untuk membersihkan rumah, tempat ibadah dan lingkungan sekitar, menggulung karpet, menyemprotkan desinfektan, serta menjauhi kerumunan orang.

“Saya berharap masyarakat untuk terus menggalakkan pola hidup bersih dan sehat,” harapnya (Ads)

Share
Published by
Usman Anapia

Recent Posts

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

12 menit ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

19 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

22 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

22 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago