Gorontalo

Tidak Ekspor Jagung Tahun 2019, Kali Ini Gorontalo Siap Ekspor 12 Ribu Ton

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau pabrik pengeringan jagung PT Seger Pangan Sejahtera di Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Selasa (2/6/2020). Perusahaan itu rencananya akan mengekspor 12.000 ton jagung ke Filiphina awal Mei ini. (Foto: Salman-Humas).

PROSESNEWS.ID – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, sangat bersyukur, meski ditengah pandemi covid-19 petani jagung di Gorontalo tetap produktif.

Hal ini terbukti, Provinsi Gorontalo kembali bergeliat untuk mengekpsor jagung sebagai salah satu komoditi unggulan daerah. Ekspor 12 ribu ton jagung itu rencananya dilakukan oleh PT Seger Pangan Sejahtera dengan tujuan Filipina.

“Alhamdulillah untuk tahap awal ada 12 ribu ton, di ekspor dengan dua kapal langsung ke Filipina. Permintaan cukup banyak dan harganya bagus. 276 USD per ton,” terang Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau kesiapan perusahaan yang beralamat di Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubula, Kabupaten Gorontalo, Selasa (2/6/2020).

Hingga saat ini April 2020, kata Rusli, tercatat produksi jagung Gorontalo sebesar 592.767 ton. Berbagai bantuan benih tetap disalurkan kepada petani, jumlahnya ada 106.194 hektare.

“Harga pengambilan jagung dari petani juga terjaga. Kita punya SK harga jagung di petani itu Rp3.150 per kilogram dengan 17 persen kadar air. Perusahaan ini ngambilnya Rp3.300. Makanya ketahanan ekonomi kita cukup baik, meski ada corona seperti sekarang tapi rakyat tetap menanam dan panen jagung,” imbuhnya.

Terakhir, dijelaskan Rusli, selama tahun 2019 lalu Provinsi Gorontalo tidak melakukan ekspor jagung, karena harga luar negeri terbilang cukup rendah.

“Produksi jagung tahun 2019 sebesar 1.820.830 ton lebih banyak dijual antar pulau untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri,” pungkasnya. (Ads)

Share
Published by
Usman Anapia
Tags: 12 ribu ton

Recent Posts

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

15 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

18 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

18 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

20 jam ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

1 hari ago