Pemprov Gorontalo

Tingkatkan Minat Belajar Siswa, Museum Purbakala Gelar Program Edukatif

PROSESNEWS.ID – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo, Rusli Wahjudewey Nusi, mengawali program “Belajar Bersama di Museum” pada hari Selasa, (23/4/24). Acara tersebut bertujuan untuk menggugah minat dan rasa ingin tahu generasi muda terhadap warisan budaya.

Rusli menjelaskan, dalam era digital ini, minat generasi muda terhadap budaya lokal cenderung menurun. Oleh karena itu, kegiatan seperti ini menjadi sangat penting untuk menjaga dan memperkaya pengetahuan mereka tentang budaya lokal.

“Melihat dampak perkembangan era digital yang menyebabkan menurunnya minat dan rasa ingin tahu generasi muda terhadap budaya lokal, kami merasa perlu menggelar kegiatan seperti ini,” ungkap Rusli.

Selain sebagai upaya meningkatkan minat terhadap budaya, kegiatan ini juga merupakan langkah antisipatif terhadap potensi hilangnya pengetahuan budayawan dan pengrajin di Gorontalo.

Program “Belajar Bersama di Museum” oleh UPTD-Museum Purbakala telah berjalan sejak tahun 2019, dengan setiap tahunnya menghadirkan berbagai kegiatan edukatif. Tahun ini, program ini menyelenggarakan empat kegiatan selama empat hari berturut-turut, dimulai dari hari ini.

Kegiatan tersebut mencakup pembelajaran tari/tidi klasik Gorontalo, pembuatan sulaman karawo, pembuatan upiyah karanji, dan pembuatan makanan khas Gorontalo, dumalo. Setiap harinya, sebanyak 50 peserta dari berbagai sekolah menengah di Provinsi Gorontalo berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Di lain kesempatan, Kepala Museum Purbakala, Mely Mohamad menambahkan, program ini juga bertujuan untuk mempromosikan keberadaan museum kepada siswa-siswa dan masyarakat umum. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya dan adat tradisi daerah Gorontalo.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap peserta dapat berbagi informasi kepada teman-temannya tentang kekayaan budaya yang mereka pelajari di sini,” ungkap Mely.

Reporter: Dewi Agustina Musa

Recent Posts

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

32 menit ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

51 menit ago

Dinas Pendidikan Gorontalo Adakan Bimtek Penyusunan Laporan Dana BOS dan BMD 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Gorontalo menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Dana…

22 jam ago

Kunjungi Buteng, Tina Alam Ungkap Programnya sebagai Cagub Sultra

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Tina Nur Alam bersama rombongan siang tadi berkunjung ke Buton Tengah…

2 hari ago

Coklit Data Pemilih di Boalemo Sudah Capai 67,83%

PROSESNEWS.ID - Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk Pemilihan Kepala Daerah yang dilakukan oleh Panitia…

2 hari ago

Ketua KPU Gorontalo Turun Langsung Bersama Pantarlih Melakukan Coklit

PROSESNEWS.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Roy Hamrain turun langsung bersama…

2 hari ago