Daerah

Tora untuk Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Gorontalo

Bupati Nelson Pomlaingo, ketika Audiens membahas Tora. (Foot : Istimewa)

PROSESNEWS.ID – Guna mendorong ekonomi dan kesejahteraan rakyat, terutama para petani, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, bakal membuat Pemanfaatan Tanah Objek Reforma Agraria (Tora).

Bupati Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengatakan, Tora ini menyangkut perluasan lahan pertanian dan kesejahteraan petani, ekonomi, serta kebijakan pertanian.

“Luas tanahnya 2.000 hektar. Dan itu semua bakal kita bagi ke rakyat,” kata Nelson, usai melakukan audensi bersama pihak BPKH Wilayah XV Gorontalo, Dinas LH-Kehutanan Provinsi Gorontalo, Balai Konservasi SDM Sulut dan UPTD KPH Wilayah VI Gorontalo di Ruang Madani. Senin, (31/05/2021).

Sebenarnya, kata Nelson, tanah tersebut memang sudah di kuasai oleh rakyat. Akan tetapi, tidak ada legitimasi, karena dia masih kawasan hutan.

“Nah, jadi itu bakal kita keluarkan dari kawasan hutan, sehingga bakal menjadi milik rakyat. Dan dampaknya juga, rakyat yang bertani itu sudah percaya diri dalam bertani dan bisah pinjam uang dari bank untuk pelancaran usaha mereka,” jelasnya

Bukan hanya itu, orang nomor 1 di Kabupaten Gorontalo itu menambahkan, kalau itu terealisasi, maka bantuan ke masyarakat itu juga bakal lancar.

“Iya, pasti bantuan bakal lancar, karena dia sudah legitimasi. Tapi, kalau dia tidak legitimasi bantuan itu masih abu-abu,”pungkasnya.

Reporter : Agil Mamu

Recent Posts

Dukungan Relawan Mantan Kades Perkuat Kampanye Tonny-Marten

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

8 jam ago

Tonny Uloli dan Marten Taha Kukuhkan Relawan di 3 Kecamatan Kabgor

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

8 jam ago

Wasito Turun Langsung Mengedukasi Petani Boliyohuto dalam Pemanfaatan Lahan

PROSESNEWS.ID – Calon Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Wasito Sumawiyono, turun langsung ke lapangan bersama para…

1 hari ago

Ketua KPU Pohuwato Akui Hubungan Keluarga dengan Paslon Pilkada

PROSESNEWS.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, secara terbuka menyatakan…

1 hari ago

Rudy Tekankan Pentingnya Ikon Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon…

1 hari ago

Rakor KPU Bone Bolango Bahas Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Serentak Tahun…

1 hari ago