Universitas Negeri Gorontalo

UNG Bangga Luluskan Iswan Isa sebagai Doktor Linguistik Terapan ke-11

PROSESNEWS.ID – Iswan Isa berhasil meraih gelar doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Modul Ajar Menulis Teks Argumentasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo” di Universitas Negeri Gorontalo, Selasa (13/6/23).

Dalam penelitiannya, Iswan Isa menjelaskan bahwa bentuk pengembangan modul ajar yang dibuat menggunakan model ADDIE. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian riset dan pengembangan.

“Ini sengaja dibuat untuk membantu guru agar bisa dituntun dengan panduan modul ajar ini sehingga lebih praktis untuk mentransfer materi ke peserta didik dan tidak kaku,” jelas Iswan.

Tujuan dari modul ajar ini adalah untuk membantu para guru dalam memberikan panduan yang praktis dalam mentransfer materi ke peserta didik, tanpa terjebak pada metode yang kaku.

Sebelum menutup sidang promosi doktor, Wakil Rektor I, Dr. Harto Malik, menyampaikan bahwa Iswan Isa merupakan lulusan ke-114 pada tingkat Pendidikan Doktoral Pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo, serta lulusan ke-11 pada program doktor Linguistik Terapan Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Iswan Isa juga berhasil meraih indeks yudisium sebesar 3,95 dengan predikat pujian.

Dalam sambutannya, Dr. Harto Malik berharap agar Iswan Isa dapat menjalankan amanah akademik dengan baik, serta mampu mengabdikan ilmu yang diperoleh kepada bangsa dan negara.

Ia juga mengingatkan Iswan Isa untuk senantiasa menjaga nama baik almamater Universitas Negeri Gorontalo di manapun dan kapanpun ia berada.

Dengan meraih gelar doktor dalam bidang Linguistik Terapan, Iswan Isa diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam pengajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP.

Keberhasilan Iswan Isa menjadi inspirasi bagi para peneliti dan pendidik di bidang linguistik untuk terus mengembangkan metode dan modul ajar yang inovatif guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

7 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

12 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago