Gorontalo

Upacara HUT RI ke 77 Tahun Sukses Dilaksankan di Kabupaten Pohuwato

PROSESNEWS.ID – Upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 77 tahun dengan tema “PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT” yang dilaksanakan di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato, sukses dilaksankan, rabu, (17/08/2022).

Sejumlah Masyarakat memadati lapangan Proklamasi Popayato, Kabupaten Pohuwato saat kenaikan dan penurunan Bendera Merah Putih.

Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga yang bertindak sebagai Inspektur Upacara saat kenaikan Bendera, mengatakan ucapara HUT RI yang ke 77 tahun itu pertama kali di kabupaten Pohuwato melaksanan upacara di wilayah barat Kabupaten Pohuwato.

“Saya Sudah merencanakan ini sudah 6 bulan yang lalu, dan hal ini sudah saya rapatkan dengan Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah untuk mencarikan regulasi dan peraturan apakah HUT RI harus dilakukan di ibu kota, ternya tidak ada yang mengaturnya itu,” ujar Bupati Saipul saat di wawancarai usai ucapara pengibaran Bendera.

Lanjut Bupati, kemudian ia langsung datang ke DPRD Pohuwato, untuk menyampaikan rencana pemindahan pelaksanaan kegiatan upacara HUT RI dan langsung di setujui oleh DPRD Pohuwato.

“Dalam kurun waktu 5 sebelum pelaksanaan HUT RI saya langsung mensosialisasikan ini di seluruh Kecamanan Pohuwato, alhamdullah mendapat respon baik,” ucap Bupati Saipul.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, berkat dukungan dari seluruh Forkominda yang teleh mendukung penuh kegiatan ini sampai puncak acara HUT Proklamasi RI yang ke 77 tahun.

Disisi lain, pada saat penurunan Bendera Merah Putih yang bertidak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa.

Ia mengatakan, HUT Proklamasi RI yang ke 77 tahun yang di pusatkan di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato, sejak kanaikan Bendera sampai Penurunan alhamdullah sukses dan berjalan dengan lancar.

“Hal ini patut kita syukri, berkat kerja keras semua panitia dan Pasukan pengibar Bendera termasuk instrukturnya berjalan dengan sukses,” ucap Wabup Suharsi.

Dirinya juga mengatakan, dengan pelaksanaan HUT RI yang di pusatkan di Kecamatan Popayato, antusias masyarakat cukup luar biasa.

“Seperti kita saksikan dari awal penaikan Bendera samapi penurunan Bendera masyarakat memadati lapangan Proklamasi Popayato,” ujar Wabup Suharsi.

Terakhir, ia mengatakan, kegiatan ini cukup berdampak positif kepada para pedagang kecil, seperti pedagang kuliner dan toko-toko kecil, mengingat seluruh kegiatan Kabupaten di laksana di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato.

Reporter: Riswan Husain

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

3 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

5 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

9 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

9 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

13 jam ago