Dekab Bone Bolango

Usulan Ranperda Penyertaan Modal BUMD, Ada Dua Fraksi Beda Pandangan

PROSESNEWS.ID – Perbedaan pandangan terjadi ditubuh enam fraksi di DPRD Bone Bolango. Hal ini menyusul adanya beragam sikap fraksi saat merespon adanya usulan ranperda penyertaan modal BUMD yang diajukan pemda diparipurna pembicaraan tingkat pertama. Selasa (02/08).

Dimana, dari enam fraksi yang ada. Dua diantaranya yakni fraksi PPP dan fraksi Golkar saja yang belum sepenuhnya setuju menerima usulan ranperda itu untuk dibahas. Sementara keempat fraksi sisanya yakni fraksi Nasdem Amanah, Demokrat,Gerindra, dan fraksi Gabungan PKS dan PDIP menyatakan sikap menerima untuk dibahas di DPRD Bonebol.

Adapun alasan fraksi PPP, menurut Faisal Mohie untuk paripurna pembicaraan perubahan ranperda penyertaan modal BUMD ini, fraksinya memandang belum akan menyetujui untuk dibahas. Ini mempertimbangkan substansi dari perubahan perda yang disebutnya hanya untuk memudahkan pencairan penyertaan modal.

Semestinya, kata Faisal, substansi pengajuan ranperda ini bukan disitu. Tetapi bagaimana BUMD bisa berkembang mengingat selama ini telah diberi ruang dengan kondisi yang ada agar diharapkan BUMD bisa bangkit.

“Namun kalau kemudian mengharapkan penyertaan modal kami mengangap tidak berbeda dengan sebelumnya makanya fraksi PPP belum menerima untuk dibahas melalui mekanisme DPRD,” jelasnya.

Sementara itu, Fraksi Golkar juga demikian, punya pandangan sama dengan PPP. Melalui juru bicara Sofyan Wahidji mengatakan paripurna tingkat I ini, pihaknya sama membenarkan penyampaian Faisal Mohie.

Dimana, dirinya menilai BUMD masih belum menunjukan kinerja lebih baik lagi. sehinggga baginya pengajuan ranperda ini harus didahului dengan pemaparan direktur BUMD guna melihat sejauh mana kegiatan yang sudah dilaksanakan agar pemda bisa menambah modal usaha.

“Sehingga catatan dari kami seperti itu dulu. Nanti setelah mendengarkan pemaparan direktur BUMD kami baru akan menentukan sikap apakah dibahas mungkin ini hanya tambahan saya,” jelas Sofyan.

Sikap dua fraksi itu beda dengan fraksi lainnya. Dimana aleg Fraksi Nasdem Amanah sebelumnya dengan ringkas dan jelas menyampaikan pandangannya yang setuju untuk membahas ranperda tersebut.

Demikian pula dengan fraksi Gerindra yang menurut aleg Tahir Badu memilih untuk menerima lebih dulu usulan itu. “Bagi saya Gerindra sedikit berbeda kami justru anggap terima dulu ini kemudian kita bahas kegiatan  yang sementara, dan sudah dilakukan BUMD kalau kita menolak kita tidak ada ruang untuk mendapat informasi. Olehnya fraksi gerindra bersikap terima kita akan tindaklanjuti dipembahasan sejauh mana perusahaan ini berjalan,” tegasnya.

Fraksi Demokrat, Robby Hunawa juga demikian setuju untuk lebih dulu dibahas. Karenanya ia menerima ranperda itu.

“Oleh sebab itu, kami menerima untuk dibahas sesuai mekanisme namun kami sepakat dengan yang disampaikan Fraksi Golkar sebelum kita sepakat maka kami akan meminta direktur untuk memaparkan bisnis plan terhadap modal ini, ” ujarnya.

Sedangkan, fraksi gabungan Keadilan Perjuangan melalui Amran Mustapa menyatakan sikap menerima.

“Perbedaan biasa maka pandangan kita hampir sama pada intinya kami memberikan pandangan kritis tapi kami akan sampaikan pada pembahasan nanti. Olehnya kesimpulannya kami menerima untuk dibahas” jelasnya.

Menyikapi pandangan beberapa fraksi ketua DPRD Bonebol, Halid Tangahu berharap kedepan jika adanya pembahasan ini ada kiat masukan sejumlah aleg agar BUMD bisa melangkah lebih cepat. Untuk itu, dengan tegas kata Ketua, ranperda diterima untuk dibahas. “Walaupun ada perbedaan itu hal biasa dalam berdemokrasi yang jelas itu mengingatkan BUMD harus lebih cepat lagi, ” tutupnya.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

6 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

12 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago