Pemprov Gorontalo

Wagub Idris Imbau Pemkab Boalemo Pertahankan Status Zona Hijau Covid-19

Wagub Gorontalo, Idris Rahim, saat memberikan sambutan di kegiatan bakti sosial NKRI peduli yang diselenggarakan di Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Sabtu (5/09/2020). (Foto – Haris, Humas Pemprov)

PROSESNEWS.ID – Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo, Idris Rahim mengimbau kepada pemerintah daerah-daerah yang termasuk zona hijau Covid-19 untuk terus mempertahankan status tersebut. Salah satunya Kabupaten Boalemo.

Kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Gorontalo pada tahun 1999 tersebut termasuk zona hijau karena dari 244 kasus Covid-19, 235 di antaranya telah sembuh, 6 orang meninggal dunia, dan menyisakan 3 orang yang saat ini dalam perawatan.

“Saat ini di Provinsi Gorontalo ada dua daerah yang masuk zona kuning atau risiko rendah Covid-19, yaitu Kabupaten Boalemo dan Pohuwato. Mari sama-sama kita berupaya agar Boalemo dan seluruh daerah di Gorontalo menjadi zona hijau dengan terus disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujar Idris dalam sambutannya di bakti sosial NKRI peduli yang digelar Pemprov Gorontalo di Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Sabtu (5/09/2020).

Ia juga menegaskan, agar daerah ini tetap pada status zona hijau, maka harus menerapkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 41 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Banyak warga yang menganggap kondisi sekarang sudah normal dan virus corona itu sudah tidak ada lagi. Padahal, pandemi masih ada, bahkan kasusnya terus bertambah. Oleh karena itu, pemerintah mempertegas pendisiplinan penerapan protokol kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Boalemo, Anas Yusuf menjelaskan, pihaknya telah menindaklanjuti Pergub Nomor 41 tahun 2020 itu. Ia menegaskan peraturan ini sudah sejak lama disosialisasikan, dan kemudian akan diterapkan kepada masyarakat. Pemberian sanksi pun akan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Anas menambahkan, untuk dua pasien positif Covid-19 di Boalemo yang saat ini masih dalam perawatan, kini masih terus dalam penanganan, dan diharapkan pekan depan sudah sembuh.

“Tiga kasus positif kita targetkan minggu depan sudah sembuh. Pekan lalu kita juga sudah mulai menyosialisasikan Peraturan Bupati tentang Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan, harapannya Boalemo bisa terus masuk zona hijau,” ungkap Anas.

Diketahui, dalam kegiatan baksos NKRI peduli tersebut, Wagub Gorontalo juga turut mendistribusikan bantuan kebutuhan pokok bersubsidi kepada warga Boalemo yang terkena dampak pandemi Covid-19

Dalam kesempatan itu, ada 250 warga yang menerima bantuan kebutuhan pokok yang terdiri dari beras, telur, minyak goreng, gula pasir, cabai, serta bawang merah dan bawang putih. (Adv)

Share
Published by
Editor

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

1 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

2 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

21 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

23 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

24 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago