Gorontalo

Wali Kota Gorontalo Minta Yayasan Pendidikan Perkuat Pendidikan Karakter Anak

PROSESNEWS.ID – Pendidikan yang hanya mengasah kecerdasan otak tidaklah cukup. Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha dalam acara peresmian Gedung Kelompok Bermain Islam Terpadu (KBIT) Al-Ishlah.

Menurut Marten, lembaga-lembaga pendidikan seharusnya tidak hanya mengutamakan pendidikan intelektual dan kecerdasan, akan tetapi juga harus dibarengi dengan pendidikan akhlak.

“Sekolah-sekolah boleh mendidik, mengasah dan menciptakan manusia-manusia unggul, tapi kalau hanya unggul dalam tingkat kecerdasan otak itu belum sempurna kalau akhlaknya tidak baik,” tutur Marten saat memberikan sambutan, Sabtu (15/4/2023).

Marten menyatakan bahwa mendidik manusia menjadi cerdas tanpa membina akhlak akan menimbulkan beban bagi dunia dan komunitas di masa depan.

“Sebab nanti akan lahir generasi-generasi yang cerdas otaknya tapi akhlaknya bobrok maka menjadi beban bagi dunia,” tegas Marten.

Meskipun banyak orang cerdas, namun kecurangan dan penyimpangan masih sering terjadi, hal ini terjadi akibat pendidikan intelektual tidak dibarengi dengan pendidikan akhlak.

“Kita mendidik manusia menjadi cerdas toh juga terjadi kecurangan, penyimpangan, penyelewengan, dan korupsi di mana-mana yang dilakukan oleh orang-orang cerdik,” tutur Marten.

Oleh karena itu, pendidikan harus mencakup kedua aspek tersebut agar dapat menciptakan generasi penerus yang baik di masa depan.

Reporter: Rijal Zulkarnaen

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

3 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

8 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago