Pemkot Gorontalo

Walikota Marten Mendapat Penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia dari Tempo

PROSESNEWS.ID – Dedikasi luar biasa Walikota Gorontalo, Marten Taha, dalam mendorong pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing telah mendapat pengakuan luar biasa dari media ternama di Indonesia, Tempo.

Malam penganugerahan “Tokoh Indonesia” menjadi panggung pengabdian bagi Marten terhadap kontribusinya dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia dan Pendidikan di Kota Gorontalo.

Penganugerahan prestisius ini dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, yang memberikan apresiasi kepada Marten atas kontribusinya yang luar biasa. Acara ini berlangsung megah di Ritz Carlton, Jakarta, pada Selasa (29/08/2023).

Dalam wawancara dengan awak media, Marten Taha mengungkapkan rasa terima kasihnya atas apresiasi yang diberikan oleh Tempo. Dia menjelaskan, berbagai kebijakan telah diterapkan untuk mendukung peningkatan kualitas indeks sumber daya manusia dan pendidikan di Kota Gorontalo.

Marten Taha selalu mendorong para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan kapasitas mereka melalui berbagai program bimtek dan pelatihan. Di sektor pendidikan formal, ia telah berhasil menjadikan sekolah di Kota Gorontalo sebagai sekolah rujukan di Provinsi Gorontalo. Langkah serius ini terlihat dari implementasi program sekolah penggerak di jajaran pendidikan SD dan SMP, yang berdampak positif pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Gorontalo setiap tahunnya.

“Terakhir, dari data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), IPM Kota Gorontalo ada di posisi 78.22 persen,” kata Marten dengan bangga.

Selain berfokus pada peningkatan kualitas, Marten Taha juga telah berhasil mengurangi jumlah anak yang putus sekolah melalui program pendidikan gratis yang diterapkan sejak awal pemerintahannya.

Program ini bertujuan menciptakan kesetaraan pendidikan bagi seluruh masyarakat, tanpa diskriminasi atau pemilihan-pemilihan yang tidak adil.

Marten berharap apresiasi ini akan menjadi motivasi bagi pemerintah Kota Gorontalo untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Apresiasi ini menjadi suatu pemicu untuk kita lebih berprestasi lagi dalam memajukan Kota Gorontalo agar masyarakatnya makin sejahtera dan cerdas,” jelas Marten.

Apresiasi ini menjadi lebih istimewa karena bertepatan dengan hari ulang tahun Marten Taha, yang tidak hanya menjadi kado spesial baginya, tetapi juga untuk seluruh masyarakat Gorontalo. Marten pun berharap prestasi ini dapat terus dilanjutkan oleh pemimpin berikutnya.

“Dan bagi walikota yang menjadi pengganti saya, semoga ini dapat menjadi sebuah warisan untuk membuat masyarakat Gorontalo semakin cerdas dan sejahtera,” tutup Marten dengan semangat.

Prestasi Marten Taha dalam mengubah wajah Kota Gorontalo menjadi lebih cerdas dan berdaya saing akan terus diingat dan diapresiasi oleh masyarakatnya, serta menjadi inspirasi bagi pemimpin masa depan untuk melanjutkan perjuangan ini.

Reporter: Zulkarnaen

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

5 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

10 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago