Daerah

Warga Pohuwato Melahirkan di Rumah, Siap-siap Kena Sanksi

Irfan Saleh

PROSESNEWS.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato, melalui Dinas Kesehatan, kembali mengingatkan warga Pohuwato untuk tidak melahirkan di Rumah.

Itu kembali ditegaskan Plt Kepala Dinas Kesehatan, Irfan Saleh, melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP), di Ruangan sidang DPRD Kabupaten Pohuwato. Senin, (07/06/2021).

“Larangannya jelas sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 97 tahun 2017,”terang Irfan kepada Wartawan.

Mengacu pada regulasi tersebut, lanjutnya, maka persalinan harus dilakukan melalui fasilitas pelayanan kesehatan yang tersedia, seperti Puskesmas atau Rumas sakit (RS) terdekat.

“Melahirkan itu memang kan sangat berisiko. Apalagi risiko tertingginya itu pendarahan. Misalnya kalau pendarahan tidak tertangani dalam beberapa jam, itu kan bisa menyebabkan kematian,”jelasnya.

Tak main-main, Ia pun kembali menegaskan, warga ataupun Ibu hamil yang tidak mau melakukan persalinan di tempat pelayanan kesehatan, siap-siap dikenakan sanksi.

“Kita akan merumuskan secara baik, sanksinya tentu kondisional. Kemudian kalau warga itu berumah tangga miskin, mungkin bantuan jagung atau bantuan lainnya, itu bisa kita jadikan instrumen untuk memaksa warga harus ke Pusat layanan kesehatan,”pungkasnya.

Ia berharap, informasi penting ini, bukan hanya petugas medis yang bergerak bersosialisasi. Semua pihak kata Irfan, harus memberi tahu soal ini kepada keluarganya masing-masing.

“Kita juga sudah sepakati bersama pada RDP, Stakeholder lain yang ada di tingkat Desa, Kecamatan, harus ikut serta memberikan edukasi ke masyarakat. Termasuk Teman-teman media, tolong kampanyekan ke masayarakat informasi ini,”pungkasnya.

Reporter : Iskandar Badu

Recent Posts

Dukungan Relawan Mantan Kades Perkuat Kampanye Tonny-Marten

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

7 jam ago

Tonny Uloli dan Marten Taha Kukuhkan Relawan di 3 Kecamatan Kabgor

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

8 jam ago

Wasito Turun Langsung Mengedukasi Petani Boliyohuto dalam Pemanfaatan Lahan

PROSESNEWS.ID – Calon Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Wasito Sumawiyono, turun langsung ke lapangan bersama para…

1 hari ago

Ketua KPU Pohuwato Akui Hubungan Keluarga dengan Paslon Pilkada

PROSESNEWS.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, secara terbuka menyatakan…

1 hari ago

Rudy Tekankan Pentingnya Ikon Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon…

1 hari ago

Rakor KPU Bone Bolango Bahas Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Serentak Tahun…

1 hari ago