Gorontalo

Warga Terdampak Virus Corona, Pemprov Gorontalo Akan Siapkan JPS

PROSESNEWS.ID – Seluruh warga yang terdampak virus corona (Covid-19), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo akan menyiapkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS).

Hal ini disampaikan Gubernur Rusli Habibie, pada video konferensi bersama wali kota dan bupati di aula rumah jabatan Gubernur, Jumat (3/4/2020).

“Tidak dapat dipungkiri dampak yang ditimbulkan virus corona kepada masyarakat sangat besar, untuk itu pemerintah akan memberikan bantuan Jaring Pengaman Sosial berupa bahan pangan pokok dari pemerintah,” ungkapnya.

Dalam keterangannya Gubernur Rusli menyampaikan, dari total data sementara sebanyak 53.418 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berdasarkan basis data pada Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, 60 persen atau sebanyak 32.051 KPM di antaranya akan ditanggung oleh Pemprov Gorontalo. Sisanya sebanyak 40 persen ditanggung oleh masing-masing kabupaten/kota.

“Jadi 60 persen yang akan kita tanggung warga yang terdampak virus Corona. Selain KPM yang sudah tercatat, termasuk juga para sopir, penjual nasi kuning dan warung kecil, pemanjat kelapa, penyapu jalan, penggali kubur, dan para imam,” imbuhnya.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, gubernur Gorontalo dua periode itu menginstruksikan seluruh organisasi perangkat daerah terkait untuk segera merampung Petunjuk Teknis (Juknis) yang menjadi dasar pelaksanaan JPS. Untuk memastikan bantuan tersebut berjalan dengan baik dan tepat sasaran, pelaksanaannya akan mendapatkan pendampingan dari BPKP dan Kejaksaan.

“Saya meminta segera rampungkan juknisnya, sudah banyak masyarakat yang terdampak virus Corona, warung-warung sudah ada yang tutup, apalagi sudah menjelang Ramadan. Setelah data dari kabupaten/kota kita terima, dananya segera kita transfer untuk pengadaan bahan pangan pokok,” tegas Rusli. (Ads)

Share
Published by
Usman Anapia

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

2 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

5 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

6 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago