Politik

Alwi Podunge Dorong Caleg Berkompetisi dengan Ide dan Gagasan

PROSESNEWS.ID — Dalam menghadapi perhelatan pemilihan legislatif (Pileg) pada 2024 mendatang, Anggota DPRD Kota Gorontalo, Alwi Podunge berpendapat, kapasitas dan gagasan dari calon legislatif (caleg) seharusnya diuji secara terbuka di hadapan publik.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Alwi Podunge saat menjadi narasumber dalam kegiatan dialog interaktif dengan tema “Meraih Peluang antara Politik Uang dan Politik Gagasan,” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Ichsan Gorontalo pada Senin (2/10/2023).

Menurut Alwi, sebelum para caleg menjadi wakil rakyat, ide, gagasan, dan cita-cita calon legislatif harus diuji dalam lingkungan yang akademis dan terbuka melalui dialog. Hal ini penting agar masyarakat tidak hanya melihat visi misi yang terpampang di baliho, tetapi juga melihat kapasitas yang sebenarnya.

“Bagi saya, para caleg harus diundang pada dialog-dialog seperti ini, karena itu menjadi salah indikator dan ukuran bagi mereka, sejauh mana kemampuan dan kesiapan mereka,” ungkap Alwi.

Bukan tanpa alasan, Alwi menilai, ketika para caleg diuji di hadapan publik, mereka akan tahu bagaimana politik itu seharusnya, sehingga tidak terjebak pada politik yang bersifat transaksional atau politik uang.

Hal demikian juga bisa menjadi indikator bagi masyarakat untuk menilai apakah calon legislatif yang akan dipilih nantinya sudah memiliki kapasitas dan kredibilitas yang baik.

“Masyarakat harus cerdas dan membuka ruang diskusi dengan para caleg-caleg itu, sehinga bisa dilihat, dia punya kapasitas atau tidak, punya kualitas atau tidak, jadi ukurannya di situ, kemampuan mereka untuk bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat,” tutur Alwi.

Dalam rangka menghadapi praktik politik uang yang semakin marak, kegiatan yang diselenggarakan oleh para akademisi ini diharapkan dapat membantu mengubah paradigma politik dari politik uang menjadi politik gagasan yang lebih bermakna.

Reporter: Pian N Peda

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

8 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

13 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago