Deprov Gorontalo

Deprov Gorontalo, Minta Program BSPS Harus Tepat Sasaran

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo, Erwin Ismail (kemeja putih) meninjau BSPS di Desa Molombulahe, Kecamatan Paguyaman

PROSESNEWS.ID – Terkait program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bagi keluarga kurang mampu, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo meminta penyalurannya tepat sasaran.

Dalam keterangannya, Sekretaris Komisi III Erwin Ismail mengungkapkan, Pembangunan rumah melalui program BSBS ini, Pemerintah jangan ada yang tebang pilih.

“Jangan karena suka tidak suka kemudian menjadi indikator terhadap orang yang menerima. Semua warga berhak kalau dia sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegas Erwin usai melakukan kunjungan kerja bersama anggota komisi lainnya di Desa Molombulahe, Kecamatan Paguyaman, Kabupaten Boalemo. Sabtu, (04/4/2020).

Imbuh Erwin, program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) ini khusus ditujukan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah. Masyarakat yang ingin mendapatkan BSPS, pertama mengajukan permohonan ke Desa setempat.

“Nanti akan dikoordinir oleh Bupati. Kemudian, akan didata secara keseluruhan jumlah dan lokasi rumah tidak layak huni yang ada di desa atau kelurahan masing-masing,” tuturnya.

Lebih lanjut kata Erwin, selain berpenghasilan rendah, syarat untuk penerima BSPS, adalah warga yang belum memiliki atau menempati rumah dengan kondisi yang tidak layak huni.

“Kemudian, belum pernah memperoleh bantuan BSPS itu sendiri selama program ini berjalan. Syarat ini berdasarkan Permen PUPR Nmor 13/PRT/M/2016 tentang kriteria Penerima BSPS,” terangnya.

Sebab, tahun 2020 ini kata Erwin, Gorontalo dapat jatah, total keseluruhan 4500.

“Program Ini memang sangat bagus dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Kepada kepala desa atau pendamping desa terus semangat dalam memperjuangkan program ini. Supaya BSPS hadir terus di masing-masing desa tempat Anda bekerja,” tutupnya. (Ads)

Share
Published by
Usman Anapia

Recent Posts

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

16 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

18 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

19 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

21 jam ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

1 hari ago