Bawaslu Kota Gorontalo

Bawaslu Awasi Tahapan Penetapan DPS Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Gorontalo dari berbagai divisi melakukan pengawasan ketat terhadap tahapan rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilu serentak 2024. Pengawasan ini berlangsung di Hotel Fox Kota Gorontalo pada Minggu (11/8/2024).

Plh Ketua Bawaslu Kota Gorontalo, Erman Katili dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh penyelenggara Ad Hoc teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo.

“Kami sangat mengapresiasi integritas dan semangat para penyelenggara teknis KPU, dari tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang tetap menjalankan tugasnya meskipun Kota Gorontalo tengah dilanda bencana banjir selama tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit),” ujar Erman.

Erman juga menambahkan, selama proses penyusunan daftar pemilih, mulai dari Coklit hingga penetapan DPS, Bawaslu Kota Gorontalo selalu mengedepankan upaya pencegahan dengan memberikan saran perbaikan.

“Kami telah memberikan saran perbaikan, baik secara tertulis maupun lisan, terkait tata cara dan prosedur Coklit kepada PPK dan PPS, dan alhamdulillah semua saran tersebut telah ditindaklanjuti,” tambahnya.

Sementara itu, Herlina Antu, anggota Bawaslu Kota Gorontalo yang juga Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, menyoroti masalah terkait data pemilih ganda.

“Kami ingin memastikan tindak lanjut terhadap data pemilih ganda yang dilakukan oleh KPU Kota Gorontalo, apakah sudah diverifikasi secara faktual atau belum,” tegas Herlina.

Herlina juga membahas beberapa isu krusial dalam penyusunan daftar pemilih, seperti pemilih binaan lapas, pemilih yang telah meninggal dunia namun masih tercantum dalam daftar, serta pemilih pemula dari kalangan pensiunan TNI dan Polri.

Menanggapi hal tersebut, Anggota KPU Kota Gorontalo, Djunaidi Yusrin menjelaskan, upaya penanganan terhadap data ganda dilakukan melalui verifikasi faktual, termasuk panggilan video langsung kepada pemilih yang bersangkutan serta pembaruan dokumen administrasi kependudukan.

Untuk diketahui, kegiatan rekapitulasi dan penetapan DPS ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kota Gorontalo dan dihadiri oleh seluruh anggota KPU Kota Gorontalo, perwakilan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Gorontalo, unsur Kejaksaan, Dandim, serta Ketua dan anggota PPK se-Kota Gorontalo.

Total Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kota Gorontalo untuk Pemilu 2024:

  • Jumlah kecamatan: 9
  • Jumlah kelurahan: 50
  • Jumlah TPS: 276
  • Jumlah pemilih laki-laki: 71.352
  • Jumlah pemilih perempuan: 75.049

Total Pemilih: 146.401

Recent Posts

KPU Kabgor Tingkatkan Partisipasi Masyarakat melalui Semarak Pilkada

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo resmi menyelesaikan seluruh rangkaian acara Semarak Pemilihan…

11 jam ago

KAMMI Gorontalo Minta Disdikbud Selesaikan Kasus Bullying dalam Sepekan

PROSESNEWS.ID – Puluhan mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Gorontalo menggelar aksi protes…

12 jam ago

Kapasitas Pasang-Roni Adnan Diakui Masyarakat Limboto Barat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Roni-Adnan mendapatkan apresiasi dari masyarakat saat menggelar…

13 jam ago

Usman Mbolosi Sebut Buteng Butuh Pemimpin Berkemampuan Akademis, Bukan Abal-Abal

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Ketua Kerukunan Keluarga Wambuloli, Usman Mbolosi, mengatakan hanya pasangan Dr Azhari-Adam…

13 jam ago

KPU Pohuwato Akan Rekrut 1.806 Anggota KPPS untuk Sukseskan Pemilu 2024

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato berencana merekrut 1.806 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan…

1 hari ago

Zulfikar Usira Pastikan Pasangan DEWA Akan Jangkau Seluruh Masyarakat Kabgor

PROSESNEWS.ID – Ketua tim pemenangan pasangan Hendra - Wasito (DEWA) , Zulfikar Usira menegaskan, pasangan…

1 hari ago