Daerah

Belasan Peristiwa Kebakaran di Boalemo, Ini Penyebabnya

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Boalemo, saat berusaha memadamkan kobaran api di rumah milik salah seorang warga di Desa Piloliyanga, Kecamatan Tilamuta, Boalemo. (01/01/2021). (Foto : Istimewa)

PROSESNEWS.ID – Data Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Boalemo menyebutkan, terhitung sejak Januari Tahun 2021 hingga Mei 2021 saat ini, sudah ada 14 kali peristiwa kebakaran terjadi di Boalemo.

“Benar, sudah 14 kali dengan yang kemarin 09 Mei 2021 di Desa Pentadu Barat, Kecamatan Tilamuta,”kata Kabid Damkar Boalemo, Erfin, Minggu, (09/05/2021).

Erfin mengungkapkan, rata-rata kasus kebakaran yang terjadi karena korsleting arus pendek lintrik. Sehingga ini yang membuat pihaknya tak tinggal diam, dan berusaha berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait.

Merespon berbagai peristiwa kebakaran ini kata Erfin, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak PLN Kota Gorontalo dan PLN Marisa-Pohuwato.

“Tujuannya, kami ingin mempelajari bagaimana pencegahan terhadap arus pendek listrik yang kerap memicu terjadinya kebakaran,”ujarnya.

Tak hanya itu, Kabid Damkar mengatakan, kebakaran juga bisa terjadi lantaran penggunaan LPG. Karena itu, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan pihak Pertamina untuk cara-cara mengantisipasinya.

“LPG juga ada kasusnya tapi kecil. Meski begitu, kami tetap berupaya dan sesuai instruksi Plt Bupati Boalemo Anas Jusuf, kami sudah menyurat ke setiap Kecamatan, agar dapat membantu sosialisasi terkait pencegahan kebakaran ini,”katanya.

Terkait fasilitas Damkar sendiri lanjut Erfin, saat ini pihaknya punya dua unit Armada dengan kapasitas 4.000 liter per unit. Namun, peralatan seperti baju anti api dan lainnya masih terbatas.

“Tapi itu bukan alasan kami tidak memberikan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya yang mengalami peristiwa kebakaran,”jelas Kabid Damkar Boalemo.

“Dan Alhamdulillah Tahun ini juga, ada penambahan peralatan seperti alkon pemadam dan pula alat pemotong kayu (gergaji sensor),”pungkasnya.

Penulis : Abdul Majid Rahman

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

3 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

8 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago