Pemkot Gorontalo

BPK RI Dorong Peningkatan Pengelolaan Keuangan Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID — Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, mengungkapkan apresiasinya terhadap Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Gorontalo, atas masukan dan solusi yang terus diberikan dalam rangka meningkatkan pengelolaan keuangan daerah.

Pernyataan tersebut disampaikan Marten usai menerima dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Semester II tentang belanja daerah tahun 2022-2023, pada Kamis (04/01/2024) di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo.

“Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak sembilan kali yang diraih Pemerintah Kota Gorontalo tidak terlepas dari peran strategis BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo,” ungkap Wali Kota Marten Taha.

Wali Kota juga menyoroti peran BPK RI sebagai motivasi dan evaluasi bagi Pemerintah Kota Gorontalo, terutama dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah di tahun 2024.

Menurutnya, hasil pemeriksaan keuangan belanja daerah semester II Kota Gorontalo yang dilakukan BPK RI akan dijadikan dasar evaluasi untuk meningkatkan kinerja pemerintahan daerah.

“Tidak hanya sebagai dokumen formal atau seremonial, LHP yang diterima bukanlah sekadar penggugur kewajiban. Ini merupakan dasar bagi kita semua untuk melakukan evaluasi dan mencari solusi guna memajukan roda pemerintahan daerah,” tegas Marten Taha.

Marten juga menegaskan, catatan yang diberikan oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo atas LHP Semester II harus menjadi perhatian serius bagi seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo.

Menurutnya, evaluasi terhadap laporan tersebut menjadi kunci untuk mencapai pengelolaan keuangan daerah yang baik dan stabil, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada pelaksanaan pembangunan daerah dan pemenuhan kesejahteraan masyarakat.

“Kami memandang LHP ini sebagai peluang untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, dan kami berkomitmen untuk bekerja sama secara sinergis dengan BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo guna mencapai tata kelola keuangan daerah yang lebih baik,” pungkas Wali Kota Marten Taha.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

4 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

9 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago