Pemda Gorontalo

Bupati Nelson Akan Disematkan Gelar Pulanga Adat Gorontalo

PROSESNEWS.ID – Sebentar nanti, Pemangku adat Daerah Kabupaten Gorontalo, akan menyematkan gelar adat (Pulanga), kepada Bupati Kabupaten Gorontalo, Prof. Nelson Pomalingo.

Hal itu disampaikan Darisman Katili, Salah satu Pemangku adat di Kabupaten Gorontalo, (Bate Lo Limutu Taboungo). Kepada awak media. Kamis, (12/03/20).

Dia menjelaskan, penyematan gelar pulanga tersebut, merupakan penghargaan tertinggi, kepada Bupati Nelson, karena bisa memimpin dan mampu mensejahterakan rakyatnya.

Darisman atau yang dikenal Paci Maniko itu menyebutkan, selain dinilai dari sisi keterampilan dalam memimpin. Gelar pulanga tersebut, hanya dapat dimiliki, Pemimpin yang memiliki akhlak, atau moral terpuji seperti Bupati Nelson.

‘’Kami dari Pemangku adat menilai, Pak Nelson Pomalingo, wajar mendapatkan Gelar Pulanga ini. Karena, beliau sudah banyak membuktikan hasil kinerja sebagai seorang Pemimpin dalam memajukan Daerah. Hal itu fakta, dan dapat dirasakan Masyarakat,”
ungkap Darisman.

Menanggapi hal itu, Bupati Nelson Pomalingo saat disambangi, awak media Prosesnews.id. Mengaku cukup terharu dan bangga dengan rencana pemberian gelar adat kepadanya.

“Saya pribadi tentu terharu, hal ini tentu tidak sekedar keilmuan. Namun yang utama adalah moral. Penghargaan ini sebagai penjaga moral, khususnya saya dan keluarga, dan bagi seluruh masyarakat Gorontalo,” tutur Nelson.

Lebih lanjut kata Nelson, dalam kegiatan nanti, pihaknya akan melibatkan seluruh Pemangku adat yang ada di Wilayah Provinsi Gorontalo. Selebihnya, akan mengundang tokoh-tokoh adat dari luar Daerah, atau Raja-raja Nusantara.

“Hal itu, untuk memperlihatkan, Gorontalo itu memiliki adat dan kebudayaan yang istimewa, salah satunya bisa memberikan penghargaan kepada seseorang,” cetusnya

Nelson juga sempat menyinggung, bahwa Budaya Gorontalo adalah Melayu. Sehubungan dengan itu, Nelson pun menargetkan, akan mempersatukan rumpun melayu Gorontalo, melalui kegiatan adat nanti. Salah satunya, dengan memberikan gelar adat. (Adv/Ryan)

Recent Posts

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

3 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

4 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

23 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

1 hari ago