Pemda Gorontalo

Bupati Nelson Dorong Kelestarian Generasi Pohon Kelapa di Gorontalo

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menaruh harapan besar terhadap acara peringatan Hari Word Coconut Day untuk memberikan kontribusi positif dalam membangun pendapatan rakyat, terutama bagi para petani kelapa.

Hal ini disampaikan oleh Nelson dihadapan sejumlah awak media usai memimpin rapat lintas sektor bersama Excekutive Direktor International Coconut Comunity (ICC), di Ruangan Madani, Senin (24/07/2023).

Bupati Nelson berharap bahwa peringatan Hari Word Coconut Day akan mendorong masyarakat untuk lebih giat dalam menanam pohon kelapa.

“Kita berharap dampaknya dapat mendorong penanaman kelapa lebih banyak lagi. Target kami adalah menanam dua ratus ribu pohon kelapa di daerah ini untuk menggantikan pohon-pohon kelapa yang sudah tua,” ujar Nelson.

Selain memberikan dampak positif pada sektor ekonomi, Nelson juga berharap peringatan ini akan berdampak pada aspek ekologi, terutama untuk mengatasi masalah banjir yang sering terjadi

“Kita berharap peringatan ini tidak hanya berpengaruh pada aspek ekonomi, tetapi juga pada ekologi dan konservasi. Seperti yang dipaparkan, kerusakan jalan diakibatkan oleh banjir, dan semoga dengan penanaman lebih banyak kelapa, masalah ini dapat teratasi,” tambah Nelson.

Nelson Pomalingo juga menekankan pentingnya menjaga kelestarian dan kelangsungan generasi kelapa. Dalam upaya tersebut, ia mendorong pendirian Bank Gen Kelapa sebagai wadah untuk melestarikan kelapa agar tidak punah.

“Kami terus mendorong pendirian Bank Gen Kelapa, sehingga kelapa tidak akan mengalami kepunahan. Bank ini akan menjadi duplikat untuk beberapa tempat guna menjaga keberlanjutan kelapa,” jelas Bupati Gorontalo.

Dalam kesempatan ini, Nelson juga mengumumkan adanya perubahan waktu penyelenggaraan Hari Word Coconut Day, yang semula dijadwalkan pada tanggal 1 hingga 5, kini berubah menjadi tanggal 20 hingga 24 September.

“Hari ini kami merumuskan, dan juga menginformasikan kepada kita semua, ada perubahan waktu, yang tadinya dari tanggal 1 sampai 5, berubah ke tanggal 20 sampai 24 september,” tutup Nelson.

Dengan semangat dan inisiatif Bupati Nelson Pomalingo, peringatan Hari Word Coconut Day diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, menjaga ekologi, dan melestarikan kelapa sebagai aset berharga Gorontalo.

Reporter: Pian N Peda

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

3 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

8 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago