Kab. Buton Tengah

Dampak Kekeringan, Pj Bupati Buteng Berikan Bantuan Air Bersih ke Desa Lowu-Lowu

PROSESNEWS.ID — Pengaruh panas yang berkepanjangan tentu berdampak pada ketersediaan air tanah. Hal itu seperti yang dirasakan oleh warga Desa Lowu-Lowu, Kelurahan Watulea, Kecamatan Gu, Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Selama panas berkepanjangan, warga desa Lowu-Lowu memenuhi kebutuhan air bersihnya dengan mengambil air ke desa tetangga namun berbeda Kabupaten.

Melihat kondisi warganya, Penjabat (Pj) Bupati Dr. Andi Muhammad Yusuf, berinisiatif untuk membantu warganya. Terlebih, tumpuan air bersih yang selama ini yang berasal dari PDAM Buton tak kunjung mengalir.

Kepedulian itu salah satunya dengan memerintahkan seluruh istansi OPD lingkup pemerintahannya menyumbang air bersih langsung ke warga yang mengalami dampak krisis air bersih.

“Krisis air ini sudah kami tindaklanjuti langsung mendistribusikan air bersih ke warga. Alhamdulillah langkah sigap ini atas kerjasama masing-masing seluruh OPD, pak Sekda dan kita semua mengumpulkan donasi pembelian air,” ucap Pj Bupati terkait tanggapannya merespon aksi protes warga belum lama ini, Rabu (18/10/2023).

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pembangunan Sekretariat Daerah Buton Tengah, Jamuri, mendapatkan penugasan Pj Bupati terkait langkah antisipasi krisis air dengan menyiapkan penyaluran air bersih ke warga.

Jamuri mengatakan, sesuai intruksi Pj Bupati ia telah menyiapkan 110 tangki mobil air bersih yang siap dapat disalurkan ke warga Desa Lowu-Lowu dan warga Kaliwu-Liwuto.

“Alhamdulillah hasil donasi seluruh OPD, baik itu para kadis, staf ahli, asisten, kabag dan bahkan sekda dan Pj Bupati sudah terkumpul 110 tangki Mobil. Dan saat ini kami sudah salurkan 29 tangki mobil air bersih ke warga yang mengalami krisis air,” ungkapnya.

Lanjut ia menyampaikan, aksi protes warga terkait tidak maksimalnya pelayanan air PDAM Buton dalam waktu lama ini, ternyata ada sebab akibatnya. Pertama masalah pipa air yang tersumbat serta mengalami kerusakan, dan kedua iuran perbulan masyarakat belum terbayarkan.

“Alasan PDAM Buton belum memperbaiki pipa yang tersumbat dan mengalami kerusakan, akibat iuran perbulan masyarakat belum terbayarkan. Namun saat dikonfirmasi ke warga jawabannya kenapa tidak membayar, alasannya penyaluran air tersebut tidak dirasakan langsung ke rumah mareka,” ucap Jamuri menceritakan kendala penyaluran air PDAM Buton.

“Meski begitu, kami sudah sampai ke pihak PDAM Buton untuk segera melakukan tindakan memperbaiki masalah pipa bermasalah untuk segera menyalurkan pelayanan air bersih ke masyarakat,” sambungnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Lowu-Lowu, Karim Wendo, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah dan DPRD Buteng yang telah cepat tanggap merespon keluhan warganya terkait krisis masalah air.

“Alhamdulillah respon cepat pemerintah dan DPRD kami sudah mendapatkan air bersih langsung ke rumah-rumah warga. Saat ini jika ada warga mengeluh air tinggal telepon, langsung mobil air tangki datang ke rumah,” ucap Karim kepada Mandalapos saat dikonfirmasi via telepon, Rabu (18/10/2023).

Diungkapkan Karim, permasalahan air PDAM Buton ini sudah dikeluhkan warganya sejak tahun 2017 lalu akibat pelayanan air sangat tidak maksimal. Kata dia, selama berapa tahun ini masyarakat mengandalkan air hujan dan bahkan harus rela membeli air tangki untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tak sampai disitu, dampak kerugian masyarakat akibat krisis air ini harus rela mengambil air ke daerah lain yakni Kabupaten Muna dengan penuh resiko mendayung perahu menyebrang lautan.

“Keluhan masalah air sudah bertahun-tahun kami rasakan. Tiap kali kami menyampaikan aspirasi selalu berakhir dengan kekecewaan tanpa ada solusi pasti penanganan air ini,” ujar Karim menceritakan keluh kesah warganya.

Namun hari ini, lanjutnya, aksi keluhan masalah air warganya telah mendapatkan respon DPRD Buteng dan pemerintah bersama pihak PDAM Buton melalui RDP (rapat dengar pendapat).

“Alhamdulillah hasil RDP ini membawa kabar baik bahwa PDAM Buton akan segera menindaklanjuti keluhan kami dengan memperbaiki kendala pipa air. Selain itu, dari Dinas PUPR merencanakan pembuatan pipa penyaluran air bersih ke warga melalui sumber mata air terdekat (desa tetangga), yang direncanakan tahun anggaran 2024,” tuturnya.

“Saya mewakili masyarakat saya mengucapkan terimakasih kepada Pj Bupati Buton Tengah yang telah mendengar keluhan kami dengan cepat. Semoga keluhan kami ini sudah terakhir kalinya kami sampaikan. Dan harapan besar kami kedepan masalah air sudah diatasi dengan baik,” tandasnya (Adv).

Reporter: Win

Recent Posts

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

20 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

21 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago

Bentuk Pemimpin Muda Berkarakter, FIM Gorontalo Gelar Leadership Training

PROSESNEWS.ID, Gorontalo – Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Gorontalo telah sukses menyelenggarakan kegiatan pelatihan Leadership…

2 hari ago