DPRD Kota Gorontalo

Di Kota Gorontalo Akan Ada Penyidik PNS

Rapat Komisi A Dekot Gorontalo

PROSESNEWS.ID – Badan Pembentukan Produk Hukum Daerah (BAPEMPERDA) Dewan Kota (Dekot) Gorontalo, melaksanakan rapat bersama tim eksekutif, guna membahas Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS)

“Adapun dalam rapat tersebut, kami menginginkan setelah terbentuk Ranperda sebagai Peraturan daerah (Perda), semua PPNS di pemerintahan Kota Gorontalo bisa berkoordinasi dengan baik. Olehnya, kita harus membuat satu sekretariat,” ucap wakil ketua Komisi A Dekot Gorontalo, Darmawan Duming.

“Dan tadi sudah disampaikan, bahwa Insya Allah setelah Ranperda sudah menjadi Perda, akan dibentuk sekretariat yang dimaksud,” ujarnya.

Darmawan menambahkan, terkait dengan tugas dan kewenangan dari PPNS, bahwa di dalam Ranperda hanya menyebutkan penyidikan, sedangkan ketika ada seseorang yang melanggar pidana, harus terlebih dahulu melalui penyelidikan dan setelahnya masuk ke penyidikan.

“Nah, ini tentunya belum terjawab dengan baik, maka kami sarankan agar bisa berkoordinasi lagi dengan teman-teman dari Kementerian Hukum dan HAM, dalam hal sebagai pembuatan naskah akademik,” ungkap Darmawan Duming.

Lanjut Darmawan mengatakan, pihaknya sangat berharap apabila ini sudah menjadi Perda. Semua kegiatan-kegiatan ataupun pelanggaran-pelanggaran yang ada di Kota Gorontalo agar bisa diminimalisir baik itu yang dilakukan oleh oknum PNS maupun masyarakat umum.

“Hal ini dilakukan agar bisa memberikan kontribusi kepada Daerah Kota Gorontalo terkait dengan keamanan dan Kamtibmas secarah menyeluruh,” tutup Darmawan Duming.

Reporter : Abd Kadir Djauhari.

Recent Posts

Dukungan Relawan Mantan Kades Perkuat Kampanye Tonny-Marten

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

7 jam ago

Tonny Uloli dan Marten Taha Kukuhkan Relawan di 3 Kecamatan Kabgor

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Tonny Uloli dan Marten Taha, kembali…

8 jam ago

Wasito Turun Langsung Mengedukasi Petani Boliyohuto dalam Pemanfaatan Lahan

PROSESNEWS.ID – Calon Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Wasito Sumawiyono, turun langsung ke lapangan bersama para…

1 hari ago

Ketua KPU Pohuwato Akui Hubungan Keluarga dengan Paslon Pilkada

PROSESNEWS.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan, secara terbuka menyatakan…

1 hari ago

Rudy Tekankan Pentingnya Ikon Daerah untuk Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur, Rudy Salahuddin mengharapkan setiap kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo memiliki ikon…

1 hari ago

Rakor KPU Bone Bolango Bahas Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID – KPU Kabupaten Bone Bolango menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Serentak Tahun…

1 hari ago