Pemprov Gorontalo

Dikbud Provinsi Gorontalo Ingin SMK Menjadi Sekolah Vokasi Unggulan

PROSESNEWS.ID – Dinas Pendidikan Provinsi Gorontalo bidang PSMK gelar rapat Koordinasi dan Evaluasi program pembinaan SMK di Hotel Grand Q, Selasa (2/5/2023).

Program ini merupakan amanah atas program kerja Dikbudpora dan SK Nomor 188.4/Dikbudpora/1123/PSMK/2023 Provinsi Gorontalo.

Kepala Dikbud Provinsi, Rusli Wahjudewey Nusi saat membuka kegiatan tersebut mengatakan pentingnya koordinasi dan konsolidasi oleh tiap Kepala Sekolah SMK dengan Pemerintah Daerah.

“Unsur terpenting bagi kepala sekolah SMK adalah benar-benar mengetahui output dari pelajarnya yang ketika lulus sudah dibidang industri (pekerjaan), serta manajemen sekolah yang terkoordinasi baik dengan pemerintah daerah,” ujarnya.

Dirinya juga menyebutkan, segala bentuk perhatian pemerintah dalam menunjang kualitas pendidikan di Gorontalo, ialah dengan pemenuhan infrastuktur yang di alokasikan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan APBN setiap Tahunnya sebesar 20 Persen.

Sesuai amanah UU seperti Dana Bos, bantuan peralatan praktikum, bantuan ruang praktek siswa (RPS) dan Rang Kelas Baru (RKB), bantuan Meubiler (kursi dan meja belajar siswa), serta bantuan Komputer yang dianggarkan oleh Pemerintah Pusat dan Daerah.

“Nah, ini yang harus kita jalin dengan baik komunikasinya,” tandas Rusli.

Sementara itu, terpisah Kepala bidang PSMK Agus Sumba mengamini segala program pemerintah Daerah dalam menunjang Pendidikan, dan bidangnya akan terus melakukan terobosan serta peningkatan kapasitas kinerja baik tenaga Guru dan pengawas dilingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pemahaman serta peningkatan kompetensi kepengawasan khususnya di SMK. Tak lupa juga peningkatan tata kelola kelembagaan dalam pendidikan vokasi untuk apa, untuk mewujudkan SMK pusat unggulan di Provinsi Gorontalo,” lugasnya.

Rapat Koordinasi dan Evaluasi program pembinaan SMK ini diikuti sedikitnya 18 sekolah Swasta dan 50 Negeri untuk SMK se Provinsi Gorontalo. Dengan peserta pengawas SMK 15 orang, dan 58 kepala sekolah serta pelaksana bidang PSMK.

Reporter : Sandri Mooduto

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

4 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

9 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago