Kab. Buton Tengah

Dinilai Sebar Fitnah, Saleh Ganiru Diadukan ke Bawaslu Buteng

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah – Liaosin Officer (LO) Calon Bupati Buton Tengah (Buteng), dari pasangan momor urut satu, Dr. Azhari – Adam Basan (Azan), Muhammad Rizwan, resmi mengadukan oknum peserta kampanye yang berasal dari pasangan calon Bupati nomor urut dua, La Andi – Abidin (Adil), bernama Muhammad Saleh Ganiru di Bawaslu Buteng, Selasa 8 Oktober 2024 sore.

Rizwan, melalui kuasa hukumnya, La Ode Sunarto menilai, teradu Muhammad Saleh Ganiru diduga telah menyebarkan fitnah keji serta mengumbar kebencian terhadap masyarakat melalui orasi kampanyenya yang berlangsung di Kelurahan Watulea Lombe pada Sabtu 5 Oktober 2024 yang lalu.

“Saat ini kami telah mengantongi sejumlah bukti rekaman vidio dari pernyataan yang bersangkutan saat melakukan orasi dan juga klarifikasi dari MSG. Bahasa itu kami nilai sebagai bentuk penyebaran fitnah dan mengumbar kebencian terhadap masyarakat Buteng,” Kata Sunarto saat berada di Kantor Bawaslu Buteng.

Berikut bukti cuplikan vidio yang menjadi aduan LO Paslon Azan tersebut, juga telah beredar luas melalui medsos yang disampaikan oleh Saleh Ganiru pada kampanyenya di Lapangan J. Wayong Lombe.

“Ini informasi duka, ini berita duka, khususnya di lingkungan Kecamatan Gu dan sekitarnya, kemarin (tanggal 4 Oktober 2024) ketika ada rapat di KPU, kami pasangan adil mengusungkan perubahan kampanye, tetapi ternyata diam-diam pasangan yang disebelah itu (pasangan 01 Azan) mengusulkan pergantian calon wakil bupati,” kata Saleh Ganiru.

“Saya jadi teringat almarhum pak La Ntau sebagai mantan Wakil Bupati Buteng yang sudah jadi wakil bupati tapi dibuat menderita sampai akhirnya beliau harus meninggal di usia muda, tapi bapak ibu sekejam-kejamnya bupati yang dulu kepada almarhum, itu terjadi karena beliau sudah wakil bupati, tapi yang ini masih berjuang saja sudah mau diusulkan untuk mau diganti,” Lanjutnya.

“Saya tidak tau orang lain ya, tapi kalau pribadi saya masih kita berjuang ternyata sudah ada rencana saya mau diganti, itu berarti berhasil pun sudah mau dikubur hidup-hidup. Kalau saya kasian, saya sudah tau mau diusulkan diganti dalam proses pencalonan ini lebih baik saya pulang tidur-tidur,” Tambahnya.

“Ini masih berjuang sudah ada niat begitu, berarti bahwa mereka memang sudah ada perencanaan yang namanya wakil bupati itu tidak akan difungsikan dengan baik,” Ujarnya lagi.

LO Azan Bantah Pernyataan Saleh Ganiru

Terkait pernyataan kampanye Saleh Ganiru itu, akhirnya LO Paslon Nomor Urut 01 Azan menyatakan, selama rapat bersama di KPU pada hari jumat 4 Oktober tidak pernah menyampaikan usulan pergantian calon wakil bupati kepada KPU Buteng.

Sunarto pun menerangkan, saat rapat bersama di KPU Buteng pada Jumat 4 Oktober 2024, acara tersebut dihadiri oleh banyak pihak (Para LO Paslon, Bawaslu, Kesbangpol dan lainya). Rapat tersebut menyangkut keputusan KPU Buteng terkait perubahan jadwal kampanye.

Akibat dari pernyataan yang tidak mendasar itu yang telah dilkakan oleh Saleh Ganiru, Kuasa hukum Paslon Bupati Buteng Nomor urut satu Azan meyakini bahwa bentuk aduan yang diajukanya dapat berproses lebih lanjut dari Bawaslu Buteng selajutnya ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) sampai pada proses penuntutan di pengadilan.

“Jelasnya saudara MSG diduga telah melakukan tindak pidana sebagaimana tertuang dalam undang-undang Kepemiluan dengan ancaman pidana paling singkat tiga bulan atau paling lama 18 bulan,” tutup Sunarto.

Reporter: Arwin

Recent Posts

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

3 jam ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

4 jam ago

KPU Boalemo Akan Gelar Tiga Kali Debat Paslon, Ini Jadwalnya

PROSESESNEWS.ID– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boalemo akan menggelar debat calon bupati dan wakil bupati…

6 jam ago

UNG Dukung Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Lewat Expo

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) terus berkomitmen membangun jiwa kewirausahaan mahasiswa dengan menggelar Expo…

19 jam ago

UNG dan 10 Perguruan Tinggi Timor Leste Jalin Kerja Sama Pendidikan

PROSESNEWS.ID - Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., bersama…

19 jam ago

Dinilai Bisa Stabilkan Ekonomi Warga, Sekda Puji Pasar Murah Kejari Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo memberikan apresiasi kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Gorontalo atas pelaksanaan…

22 jam ago