Pemprov Gorontalo

Dinkes Provinsi Gorontalo Evaluasi Protokol Kesehatan di Tempat Umum

Dinkes Provinsi Gorontalo Evaluasi Protokol Kesehatan di Tempat Umum

PROSESNEWS.ID – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) kembali melakukan evaluasi penerapan protokol kesehatan di Provinsi Gorontalo setelah sebelumnya melakukan evaluasi di fasilitas pelayanan kesehatan. Kali ini Kemenkes menggandeng organisasi profesi Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (PERDOKI).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH., menyambut baik kegiatan ini.
“Karena sasarannya adalah fasilitas umum kami harapkan evaluasi ini sebagai masukan kepada pemerintah daerah maupun stakeholder terkait untuk meningkatkan disiplin protokol sebagai kebiasaan baru dalam mitigasi Covid-19”, kata dr. Yana.

Kadinkes kembali mengungkapkan, protokol kesehatan adalah tindakan upaya pencegahan yang paling maksimal.
“Ini adalah kunci memutus mata rantai penularan Covid-19 di masyarakat”, ungkap dr. Yana.

Ditempat terpisah, dr. Husain Panigoro selaku anggota muda PERDOKI yang ditugaskan melakukan evaluasi protokol kesehatan mengatakan tujuan kegiatan ini untuk menilai bagaimana pelaksanaan protokol kesehatan di fasilitas umum.
“Adapun sasaran yang dievaluasi dititikberatkan di terminal atau bandara, restoran, tempat ibadah, hotel dan yang terakhir supermarket atau mall”, jelas dr. Husain.

Dari pemantauan yang dilakukan, menurut dr. Husain sebagian sudah cukup baik dalam penerapan protokol kesehatan.

“Untuk penerapannya sejauh yang kami lihat saat ini, ada beberapa yang sangat baik misalnya untuk hotel dan mall alhamdulillah sudah sangat baik dan ketat masuk ke hotel sudah ada security yang mengarahkan cuci tangan dan mengukur suhu badan”, ucapnya.

Selain itu, menurutnya tempat lain yang agak susah dalam menerapkan protokol kesehatan diantaranya rumah makan tetapi manajemen maupun pemilik sudah berkomitmen menerapkan protokol kesehatan dengan menyiapkan tempat cuci tangan didepan pintu masuk.

“Tinggal butuh banyak edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat umum untuk menerapkan secara benar-benar protokol kesehatan jika mereka datang ke restoran”, imbuhnya.

Penerapan protokol kesehatan kata dr. Husain diharapkan dapat diterapkan di fasilitas umum sehingga masyarakat dan pengelola itu merasa aman dalam menyelenggarakan usahanya sehingga tidak memunculkan kluster-kluster baru.
“Kedepan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar diharapkan angka kejadian Covid-19 akan turun”, pungkasnya.

Pelaksanaan kegiatan ini turut melibatkan Pengurus Daerah Perhimpunan Ahli Kesehatan Kerja Indonesia (PAKKI) dan Pejabat Fungsional Pembimbing Kesehatan Kerja Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Adapun lokasi yang dikunjungi antara lain bandara Jalaludin, pelabuhan feri kota Gorontalo, masjid Baiturahim Limboto, masjid agung kota Gorontalo, Hotel Grand Q, Hotel Maqna, Gorontalo Mall dan Karsa Utama Mall. Selain itu juga rumah makan Upnormal, Mc Donald, D’cozy, dan Coffee Toffe.

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

2 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

3 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

5 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

9 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

9 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

13 jam ago