Pemkot Gorontalo

Ditunjuk Sebagai Plh, Ismail Madjid Mulai Bertugas pada 3 Mei Mendatang

PROSESNEWS.ID – Untuk mengisi kekosongan posisi setelah berakhirnya masa jabatan Wali Kota, Marten Taha, Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Mohammad Rudy Salahuddin telah menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo Ismail Madjid sebagai Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Gorontalo

Keputusan ini dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 100/595/Pemkesra Tahun 2024 yang dikeluarkan pada 29 Mei 2024. Ismail Madjid mulai melaksanakan tugas sebagai Plh Wali Kota pada Senin, 3 Juni 2024, seperti yang dikonfirmasi oleh Kepala Biro Pemerintahan Kesra Setda Provinsi Gorontalo, Reflin Buata.

“SK telah diserahkan kepada Ismail Madjid,” ujar Reflin pada Sabtu (1/6/2024).

Penunjukan Ismail Madjid sebagai Plh Wali Kota Gorontalo sesuai dengan ketentuan pasal 78 ayat (2) huruf (a) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 dan pasal 131 ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2008.

Aturan tersebut menyatakan bahwa jika terjadi kekosongan jabatan Kepala Daerah (KDH) dan Wakil Kepala Daerah (WKDH), Sekretaris Daerah akan melaksanakan tugas sehari-hari KDH.

Dalam surat keputusan yang diterbitkan oleh Pj Gubernur Gorontalo, ditegaskan bahwa Ismail Madjid akan menjalankan tugas Plh Wali Kota hingga pelantikan Penjabat Wali Kota definitif oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami masih menunggu SK dari Kemendagri untuk pengangkatan Penjabat Wali Kota yang baru, kemungkinan akan diterbitkan pada 3 atau 4 Juni 2024,” tambah Reflin.

Sebelumnya, DPRD Kota Gorontalo telah mengajukan tiga nama calon Penjabat Wali Kota untuk menggantikan Marten Taha ke Kemendagri. Ketiga nama tersebut adalah Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo Rifli M Katili, Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Ismail Madjid, dan Kepala Badan Keuangan Kota Gorontalo Nuryanto.

Penunjukan Ismail Madjid sebagai Plh Wali Kota Gorontalo merupakan langkah sementara untuk memastikan keberlanjutan pemerintahan di Kota Gorontalo hingga Penjabat Wali Kota yang baru ditetapkan.

Recent Posts

Kepulangan Jemaah Haji Gorontalo Kloter 12 Disambut Pj Gubernur

PROSESNEWS.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin menyambut kedatangan 450 jemaah haji yang tergabung…

15 menit ago

Perayaan Milad Ke-20, Nelson Harap IPHI Muzdhalifah Segera Rumuskan Pengurus Baru

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, mengapresiasi perayaan Milad ke-20 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI)…

22 jam ago

Gara-gara Spiritus, Motor dan Depot BBM di Limboto Ludes Terbakar

PROSESNEWS.ID - Sebuah motor dan depot mini BBM di Kelurahan Dutulanaa, Kecamatan Limboto, hangus terbakar…

22 jam ago

Hadiri HUT Bhayangkara, Nelson Pomalingo Sebut Polri Garda Terdepan

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap peran Kepolisian Negara Republik Indonesia…

1 hari ago

Keluhkan Pupuk Subsidi Bercampur Kerikil, Petani di Tibawa Mendapat Ancaman

PROSESNEWS.ID - Sejumlah masyarakat petani di Desa Ulobua, Kecamatan Tibawa mengeluhkan pupuk subsidi yang diduga…

2 hari ago

Nur Laila Asal Buton Tengah Wakili Sultra di Ajang PAI Award Nasional 2024

PROSENEWS.ID, Buton Tengah - Salah satu Penyuluh Agama Islam Non PNS asal Kabupaten Buton Tengah,…

2 hari ago