Daerah

Dorong Perekonomian Masyarakat, UMKM Jadi Prioritas Pemkab Gorut

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin Diwawancarai Awak Media, usai Mendampingi Gubernur Gorontalo, Berlangsung di Aula Tinepo Kantor Bupati Gorontalo Utara, Kamis (25/02/2021). Foto: Usman 60DTK

PROSESNEWS.ID – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin, menuturkan, salah satu penyebab meningkatnya angka pengangguran saat ini, adalah Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19).

Tak bisa dipungkiri menurut orang nomor satu di Gorut tersebut, adanya virus corona yang hingga kini terus mengantui kehidupan, bisa memberikan dampak buruk bagi perekonomian daerah maupun masyarakat.

Menyikapi hal ini, kata Indra, pihaknya tak tinggal diam. Menurutnya, salah satu strategi yang harus terus didorong dan didukung oleh semua pihak, yaitu sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Karena itu, kami Pemkab Gorut menyimpulkan, akan terus menyeriusi sektor yang satu ini, guna mendorong ekonomi masyarakat maupun daerah di tengah virus saat ini,” ujarnya, usai mendampingi Gubernur Gorontalo di Aula Tinepo, Kantor Bupati Gorut. Kamis Kemarin, (25/02/2021).

Bicara soal UMKM di Gorut sendiri, lanjutnya, Tahun 2019 lalu meningkat 4,72 persen, dan di Tahun 2020 naik sebesar 4,98 persen. Jadi, mengalami telah peningkatan sekitar 26 persen.

“Kalau pada Tahun 2019, kurang lebih 3.797, justru dimasa pandemi ini naik jadi 409 unit. Nah, sekarang terus meningkat, karena rupayanya UMKM ini membantu masyarakat di masa-masa terhimpit seperti saat ini,” jelas Indra.

Ia pun memastikan, UMKM akan terus mengalami peningkatan, sehingga dapat mendorong kesejahteraan sosial masyarakat. Apalagi, hasil UMKM Gorut beberapa waktu lalu, juga sudah diperkenalkan langsung dihadapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Ads)

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

6 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

6 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

8 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

12 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

13 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

17 jam ago