Pemkot Gorontalo

Dorong Perkembangan UMKM, Baznas Salurkan Bantuan ke 100 Pelaku Usaha

PROSESNEWS.ID — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Gorontalo terus menjaga konsistensinya dengan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kota Gorontalo.

Salah satu inisiatif unggulan dari Baznas Kota Gorontalo adalah program ekonomi produktif yang secara langsung menyasar pelaku usaha kecil dan menengah di Kota Gorontalo.

Pada Minggu (19/11/2023), Baznas Kota Gorontalo menggelar program pentasyarufan ekonomi produktif di Aula Kantor Wali Kota Gorontalo. Kegiatan ini dihadiri oleh 100 pelaku usaha yang menjadi sasaran program, dengan dihadiri Walikota Gorontalo, Marten Taha, dan Wakil Walikota Gorontalo, Ryan F. Kono.

Keunikan dari program ini terletak pada pemberian bantuan kepada pelaku usaha, bukan hanya dalam bentuk barang, melainkan juga uang tunai sebesar Rp250 ribu.

Langkah ini menunjukkan komitmen Baznas Kota Gorontalo untuk mendukung para pelaku usaha agar tetap produktif dan dapat mengembangkan usaha mereka, sebagai upaya untuk mengangkat ekonomi daerah dan melawan lingkaran kemiskinan.

Ketua Baznas Kota Gorontalo, Husain Rauf menjelaskan, target program ekonomi produktif ini mencakup 200 pelaku usaha, dengan pelaksanaan dilakukan dalam dua tahap.

“Tahap pertama melibatkan 100 pelaku usaha, terdiri dari 83 penjual nasi kuning dan 17 penjual gorengan. Sementara tahap kedua, rencananya akan digelar pada tahun 2024 dengan jumlah sasaran yang sama,” kata Rauf.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Gorontalo, Marten Taha, menyambut positif inisiatif Baznas Kota Gorontalo dalam mengembangkan program ekonomi produktif. Dalam sambutannya, Marten menekankan pentingnya kajian dalam dimensi sosial dan ekonomi, serta peran zakat dalam menanggulangi masalah kemiskinan dan ketidakseimbangan sosial.

“Peran zakat dalam pengentasan kemiskinan adalah suatu keharusan yang tak terbantahkan. Pemerintah Kota Gorontalo telah melakukan berbagai upaya, termasuk dukungan kepada UKM, sejalan dengan semangat kesejahteraan masyarakat,” tambah Marten.

Dengan program ekonomi produktif ini, Baznas Kota Gorontalo terus menjadi kekuatan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Kolaborasi antara pemerintah daerah dan lembaga kemanusiaan seperti Baznas diharapkan dapat membawa dampak positif yang berkelanjutan di Kota Gorontalo.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

7 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

12 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago