DPRD Kota Gorontalo

DPRD Kota Gorontalo Minta Pemkot Masifkan Edukasi Retribusi dan Pajak

PROSESNEWS.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo meminta kepada pemerintah kota agar lebih masif dalam memberikan edukasi kepada pelaku usaha terkait kewajiban membayar pajak dan retribusi.

Anggota Komisi II DPRD Kota Gorontalo, Alwi Podungge, menekankan pentingnya edukasi ini untuk meningkatkan pemahaman pelaku usaha tentang betapa pentingnya kewajiban membayar pajak dan retribusi.

“Problematika yang terjadi sekarang adalah kurangnya kesadaran para pemilik rumah makan untuk membayar. Artinya, pengetahuan mereka terkait pajak dan retribusi daerah itu belum memadai,” ujar Alwi pada Senin (14/10/2024).

Himbauan terkait sosialisasi dan edukasi mengenai pembayaran pajak dan retribusi telah sering disampaikan kepada Pemerintah Kota. Namun, menurut Alwi, upaya tersebut masih belum maksimal.

“Saya selalu menekankan kepada eksekutif untuk terus memberikan edukasi kepada para pelaku usaha, bahwa pentingnya membayar retribusi 10 persen itu,” tegas Alwi.

Alwi juga menyebut bahwa dirinya sering mendengar keluhan dari pelaku usaha maupun konsumen terkait pembayaran retribusi. Menurutnya, hal ini disebabkan kurangnya edukasi yang diberikan.

“Karena banyak juga pelanggan yang komplen saat dibebankan biaya retribusi. Ini harus ada pencerahan. Kelemahan kita adalah kurangnya memberikan pemahaman kepada masyarakat,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Alwi berharap pemerintah, khususnya dinas terkait, memberikan perhatian serius terhadap masalah ini untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Tentu ini juga akan mendongkrak PAD, dan itu adalah sumber pembiayaan. Kota Gorontalo kita tahu hanya mengandalkan sektor jasa, tidak ada sumber daya alam,” tutup Alwi.

Recent Posts

UNG Dukung Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Lewat Expo

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) terus berkomitmen membangun jiwa kewirausahaan mahasiswa dengan menggelar Expo…

13 jam ago

UNG dan 10 Perguruan Tinggi Timor Leste Jalin Kerja Sama Pendidikan

PROSESNEWS.ID - Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T., M.T., bersama…

13 jam ago

Dinilai Bisa Stabilkan Ekonomi Warga, Sekda Puji Pasar Murah Kejari Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo memberikan apresiasi kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Gorontalo atas pelaksanaan…

16 jam ago

Kejari Kabupaten Gorontalo Gelar Pasar Murah untuk Tekan Inflasi

PROSESNEWS.ID – Ribuan masyarakat memadati halaman kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Gorontalo pada Rabu (16/10/2024),…

18 jam ago

Gusnar Ismail Dukung Pengembangan Olahraga Desa Botutonuo

PROSESNEWS.ID – Potensi olahraga di Desa Botutonuo, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, mendapatkan dukungan…

18 jam ago

Seragam Sekolah Gratis, UMKM dan Politik Santun, Faktor Kenaikan Elektabilitas RAMAH

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

18 jam ago