Pemda Gorontalo

Festival Pesona Danau Limboto, Inspirasi Pengembangan Wisata Desa

PROSESNEWS.ID – Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) ternyata telah memberi energi positif bagi para pengelola obyek wisata di Kabupaten Gorontalo. Salah satunya adalah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Bihe, Kecamatan Asparaga.

Pokdarwis Desa Bihe yang berada di tepi Taman Hutan Raya (Tahura) BJ Habibie, memanfaatkan aliran sungai untuk memanjakan para wisatawan. Air yang mengalir sepanjang tahun adalah wahana yang keren. Di sungai ini kemudian dijadikan arena river tubing yang mengasyikkan.

“Saya mewakili Pokdarwis Desa Bihe sangat mendukung event tahunan FPDL, di mana event ini bertujuan untuk mengeksplor berbagai potensi alam dan budaya di Kabupaten Gorontalo,” kata Cindry Kulu, pengurus Pokdarwis Desa Bihe pada, Minggu (2/6/2024).

Menurut Cindry, konsistensi penyelenggaraan Festival Pesona Danau Limboto telah mendorong kaum muda di desa untuk bangkit dan membangun atraksi wisata alam, namanya Botu Kapali River Tubing.

Bahkan, kata Cindry, pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, Botu Kapali River Tubing ini telah masuk 50 besar. Ini berarti upaya keras Pokdarwis telah mampu meyakinkan penilai dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Botu Kapali River Tubing, merupakan wisata alam yang memanfaatkan aliran sungai deras melalui tumpukan batu. Menghanyut dengan menaiki ban pada kelokan alirannya menjadi wahana wisata yang menantang bagi kaum muda.

“Festival Pesona Danau Limboto ini mengusung kekayaan alam, demikian juga di Botu Kapali River Tubing,” ujar Cindry Kulu.

Cindry Kulu mengungkapkan, objek wisata Botu Kapali River Tubing ini akan terus dijaga, tidak hanya peralatan untuk mengarungi aliran sungai, namun yang utama adalah menjaga lingkungan alam di kawasan penyangga Tahura BJ Habibie agar terus Lestari, salah satu hasil menjaga lingkungan adalah mengalirnya air jernih sepanjang masa.

Terakhir, Cindry menjelaskan, Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) yang mejadi salah satu event bergengsi di Karisma Event Nusantara (KEN) menjadi istimewa bagi mereka, karena telah mendorong Pokdarwis Bihe untuk mengikuti ADWI. Kerja keras para anggota Pokdarwis Desa Bihe ini mengantarkan pada prestasi yang membanggakan. Desa Bihe menjadi satu-satunya desa di Kabupaten Gorontalo yang masuk dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

“Harapan saya semoga FPDL bisa menjadi wadah kami untuk mempromosikan wisata Botu Kapali, dan momen ini bisa berjalan lancer dan sukses,” pungkasnya.

Reporter: Pian N Peda

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

15 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

15 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

17 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

21 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

22 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

1 hari ago