Pemprov Gorontalo

Gubenur Gorontalo Hindari Kualitas Pekerjaan Akibat ‘Harga Mudung’

Gubenur Gorontalo Hindari Kualitas Pekerjaan Akibat ‘Harga Mudung’

PROSESNEWS.ID – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bicara blak blakan tentang kecemasannya soal “harga mudung” di depan para pelaku usaha pengadaan. Menurutnya, kebijakan tender harga termurah pada proses tender pengadaan barang dan jasa perlu dipikirkan ulang untuk menghindari kualitas pekerjaan asal-asalan.

“Yang dinamakan tender itu mencari harga wajar bukan harga terendah. Sekarang yang mengatakan harga ini wajar siapa apakah Pokja, Kepala Biro ULP atau APH? Yang menjadi ketakutan mereka ini masih proses tender laporan sudah ke mana mana,” buka Rusli saat Vendor Breafing Pelaku Pengadaan yang berlangsung di Grand Palace Convention Center (GPCC), Kota Gorontalo, Selasa (30/11/2021).

Rusli menilai banyak pekerjaan dengan tawaran terendah justru berakhir dengan putus kontrak. Pengusaha nekat menawar dengan harga termurah padahal biaya material dan kalkulasi teknis tidak realistis bisa dikerjakan.

Terlebih pada tahun 2022 transfer ke Gorontalo tinggal Rp3,8 triliun berbeda dengan tahun lalu Rp4,17 triliun. Turun sekitar Rp372. Anggaran itu harus digunakan sebaik baiknya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Terakhir perusahaan yang sudah cacat di provinsi dan kabupaten kota dilihat baik baik. Kamu cek harga satuannya. Contoh semen Rp65ribu per sak, dia tawar Rp50 ribu dan lain lain. Kita mau kualitasnya atau harga murah? Sudah tau tau harganya sekian ditawar di bawah itu. Orang gila pun ngitung pake kalkulator canggih pasti enggak masuk akal,” kesal Rusli.

Recent Posts

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

16 jam ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

18 jam ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

19 jam ago

RAMAH Berkomitmen Ciptakan 1.000 Pengusaha Baru di Kota Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad Ramli Anwar…

21 jam ago

Ibu-ibu Tenggela Suarakan Bantuan Sembako dan UMKM

PROSESNEWS.ID - Ibu-ibu di Desa Tenggela, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, menunjukkan kekompakan dalam mendukung pasangan…

1 hari ago

Al Habib Jindan Hadiri UNG Bersholawat, Ribuan Jamaah Penuhi Halaman Rektorat

PROSESNEWS.ID - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali menggelar acara UNG Bersholawat, di mana ribuan jemaah…

1 hari ago