Pilkada

Haji Ramli Diuntungkan oleh Momentum dalam Pilwako 2024, Ini Alasanya

PROSESNEWS.ID — Untuk pertama kali dalam sejarah Republik ini, seluruh kontestasi politik baik eksekusi maupun legislatif, dilaksanakan dalam satu tahun yang sama, yakni tahun 2024.

Situasi ini tentu saja menjadi dilema bagi para politisi yang ingin ikut Pilkada, namun di sisi lain dituntut untuk berjuang di kontestasi legislatif, karena perintah partai tempatnya bernaung.

Situasi ini tentu bukan hal yang mudah bagi sebagian besar politisi. Dituntut kemampuan finansial yang mumpuni untuk bisa menjalani kedua kontestasi dalam waktu satu tahun.

Di sinilah kondisi yang diprediksikan bakal menjadi keuntungan bagi politisi yang akan maju di Pilkada lewat jalur independen.

Tidak adanya tuntutan partai untuk bertarung di Pileg, membuat calon independen lebih fokus di satu titik pertarungan saja yakni Pilkada.

Di Kota Gorontalo, nama Haji Ramli yang bakal bertarung di Pilwako lewat jalur independen, tentu sangat diuntungkan.

Pasalnya, saat bakal calon lainnya masih harus bertarung hidup mati di pertarungan Pileg, dirinya sedikit lebih rilex karena tak harus melewati pertarungan hidup mati di pentas Pileg.

Kalaupun Haji Ramli diperhadapkan pada pekerjaan harus mengumpulkan KTP dukungan sebagai syarat maju lewat independen, maka kondisi yang sama juga akan dihadapi oleh kandidat lewat jalur partai.

Di mana bukan rahasia lagi tiket kandidat jalur partai, biasanya dibanderol fantastis. Bahkan jauh lebih mahal dari harga tiket independen.

“Di momentum pemilihan serentak tahun 2024, Haji Ramli diuntungkan oleh momentum. Saat kandidat lain harus bertarung di Pileg, dia hanya mengumpulkan KTP dukungan. Padahal, proses pengumpulan KTP ini, bisa dimanfaatkan sebagai momen untuk sosialisasi juga. Bisa dibilang mencuri start juga kan,” ungkap Wartawan senior Gorontalo, Try Antu.

Untuk itulah, Try berharap agar momentum yang lagi berpihak kepada Haji Ramli tersebut, bisa dimanfaatkan untuk bisa memastikan tiket kandidat lewat jalur independen.

Recent Posts

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

6 jam ago

Verifak Bapaslon Perseorangan Boalemo Selesai Tepat Waktu, Rekapitulasi Dilanjutkan di PPK

PROSESNEWS.ID - Verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorangan…

6 jam ago

Kostantinus Bukide Minta ASN dan Kades Netral Jelang Pilkada

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Penjabat Bupati (Pj) Buton Tengah (Buteng) Kostantinus Bukide, menyampaikan ada beberapa…

8 jam ago

Nelson Sebut Keluarga Memiliki Peran Peting dalam Membangun Negara

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyebut keluarga merupakan penentu dalam memajukan suatu negara. Hal…

12 jam ago

KPU Kabgor Gelar Bimtek Pengelolaan Hibah Pilkada 2024

PROSESNEWS.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Ketua Panitia…

12 jam ago

KIP Provinsi Gorontalo Optimalisasi Dana Hibah hingga Akhir 2024

PROSESNEWS.ID - Dinas Kominfo dan Statistik menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah Komisi Informasi…

16 jam ago