Peristiwa

Jalan Trans di Gorontalo Rawan Kecelakaan, Tercatat 209 Kasus Selama 2023

PROSESNEWS.ID — Kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Kabupaten Gorontalo selama tahun 2023 mengalami peningkatan yang cukup drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Demikian data yang diterima tim Prosesnews.id dari pihak Lakalantas Polres Gorontalo pada Rabu (03/01/2024).

Berdasarkan data tersebut, jumlah kecelakaan lalu lintas selama tahun 2023 mencapai 209 kasus. Kecelakaan ini didominasi oleh kendaraan roda dua, dengan korban jiwa sebanyak 32 orang, serta luka berat dan ringan sebanyak 310 orang.

Perbandingan dengan tahun 2022 menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada tahun 2022, jumlah kecelakaan lalu lintas hanya mencapai 168 kasus, dengan korban jiwa sebanyak 52 orang. Dengan demikian, terjadi penurunan jumlah korban jiwa dan peningkatan jumlah kecelakaan secara keseluruhan.

KBO Sat Lantas Polres Gorontalo, Effendi menyebutkan, penyebab utama kecelakaan lalu lintas selama tahun 2023 adalah tabrakan kendaraan roda dua akibat kelalaian.

“Dan untuk titik-titik rawan kecelakaan tersebar di sepanjang Jalan Trans Sulawesi dan Jalan Ahmad A. Wahab,” ungkap Effendi.

Peningkatan jumlah kecelakaan lalu lintas menunjukkan perlunya langkah-langkah pencegahan yang lebih efektif dan peningkatan kesadaran para pengguna jalan.

Masyarakat diimbau untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas, menggunakan helm bagi pengendara roda dua, dan memastikan kendaraan dalam kondisi baik sebelum melibatkan diri dalam lalu lintas.

“Diharapkan dengan kerjasama yang baik, angka kecelakaan dapat ditekan dan keselamatan berlalu lintas dapat ditingkatkan di Kabupaten Gorontalo,” harapnya.

Reporter: Pian N Peda

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

6 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

12 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago