Nasional

Jokowi Terima Kedatangan 3 Aktivis yang Jalan Kaki dari Danau Toba ke Jakarta Selama 44 Hari

Aktivis lingkungan Togu Simorangkir bersama dua rekannya Anita Hutagalung dan Irwandi Sirait di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (6/8/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

PROSESNEWS.ID – Presiden Joko Widodo (jokowi) menerima kedatangan Togu Simorangkir, aktivis lingkungan bersama 2 orang rekannya Anita Hutagalung dan Irwandi Sirait yang melakukan aksi jalan kaki dari Danau Toba, Sumatera Utara, ke Jakarta. Pertemuan, berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (6/8/2021).

Informasi diperoleh, para aktivis lingkungan itu melakukan aksi jalan kaki dari Makam Raja Sisingamangaraja XII, di Soposurung, Balige, Senin (14/06/2021). Ketiganya tiba di Jakarta setelah menempuh perjalanan selama 44 hari.

Aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes dugaan pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT Toba Pulp Lestari (TPL) di area Danau Toba. Aksi tersebut juga merespons bentrok PT TPL dengan masyarakat adat di Natumingka, Sumatera Utara.

“Tujuan dari aksi ini sebenarnya visinya itu adalah kelestarian Danau Toba untuk kesejahteraan generasi mendatang,”kata Togu dikutip dari siaran pers presiden.go.id, Jumat, (06/08/2021).

“Dengan misi aksi ini kita ingin mencari perhatian publik. Kita ingin mengatakan bahwa ini lho di Danau Toba, di Tano Batak sedang ada masalah,”kata Togu lagi.

Melalui pertemuan itu, Togu menyampaikan bahwa status Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) tidak sejalan dengan aktivitas-aktivitas yang merusak lingkungan.

Sementara itu, kepada Togu, presiden mengaku telah mengetahui permasalahan lingkungan yang diadukan. Presiden berjanji mengatasi persoalan tersebut melalui penanaman kembali.

Pemerintah bakal memberikan bibit pohon. Jokowi pun berencana melakukan penanaman bersama dengan masyarakat adat pada November atau Desember mendatang.

“Tadi juga Bapak Presiden mengatakan ada 15 tanah adat yang akan diselesaikan bulan ini. Tadi saya sudah melihat lima yang sudah diselesaikan, dan sepuluh lagi akan diselesaikan beliau dalam bulan ini,” ucap Togu.

Saat menerima kedatangan Togu, Jokowi sempat melakukan panggilan video (video call) dengan rekan dan keluarga Togu yang mengikuti aksi jalan kaki tetapi tak ikut hadir ke Istana.

Kepala Negara memastikan bahwa ia akan menyelesaikan masalah 15 tanah adat pada bulan ini.

“Kira-kira berapa luasnya, 14.000 hektare. Tadi yang 5 sudah jadi, sudah saya tunjukkan ke Pak Togu nanti biar dibawa copy-nya. Kemudian yang 15 akan saya selesaikan dalam bulan ini ya,”tuturnya dalam tayangan video Instagram @jokowi.
Presiden lantas berpesan kepada rekan dan keluarga Togu untuk selalu berhati-hati dan menjaga kesehatan.

“Ya hati-hati semuanya. Salam sehat semuanya,”ujarnya.

Dari ujung panggilan telepon, rekan dan keluarga Togu pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Negara Indonesia.

Recent Posts

Atlet Sepak Takraw UNG, Sukses Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Jelki Ladada, atlet sepak takraw dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG), berhasil mengukir prestasi…

9 jam ago

Sidak HP ASN Pemkab Gorontalo untuk Antisipasi Aktivitas Judol dan Pinjol

PROSESNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Gorontalo, melalui Asisten Administrasi Umum, Haris Tome yang didampingi oleh Kepala…

14 jam ago

Hendra Prioritaskan Penataan Pemerintah dan Kemasyarakatan Jika Terpilih Bupati

PROSESNEWS.ID — Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, Hendra Hemeto, menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan…

1 hari ago

Masyarakat Pulubala Antusias Menyambut Serah Terima Sumur Bor

PROSESNEWS.ID - Masyarakat Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, sangat antusias menyambut serah terima sumur…

1 hari ago

Tahun Baru Islam, Nelson Harap Jamaah Haji Ambil Peran dalam Sosial Kemasyarakatan

PROSESNEWS.ID - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan, tahun baru Islam menjadi spirit baru dalam meningkatkan…

2 hari ago

Mahasiswa UNG, Silvana Lamanda Raih Emas di Asean University Games 2024

PROSESNEWS.ID – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, Silvana…

3 hari ago