Headline

Kekeringan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Gelar Salat Minta Hujan

Prosesnews.id, Gorontalo – Kemarau yang membuat sebagian besar warga Kabupaten Gorontalo (Kabgor) terdempak kekeringan, hari ini, Rabu 18 September 2019 pemerintah dan masyarakat mengelar salat Istisqo atau salat meminta hujan di halaman Kantor Bupati Kabupaten Gorontalo.

Shalat yang dimulai sekitar pukul 06.10 Wita diawali dengan doa dan dzikir bersama, hal ini merupakan bagian dari ikhtiar Pemerintah Kabgor berharap dengan usaha dan doa ini, hujan akan segera turun.

Bupati Kabgor, Nelson Pomalingo usai shalat, mengatakan kemarau yang melanda Gorontalo membuat sejumlah lokasi di Kabgor juga terkena dampak, kekeringan yang mengakibatkan sejumlah lahan mengalami gagal panen hingga kesulitan air bersih.

“Musim Kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan warga di sejumlah lokasi kesulitan mendapatkan air bersih dan lahan perkebunan serta persawahan terkena dampak,” kata Bupati.

Untuk mengatasi kekeringan di sejumlah lokasi, pihaknya memerintahkan dinas terkait, untuk memberikan bantuan ke wilayah yang terkena dampak kekeringan khusunya air bersih.

“Sejumlah lokasi sudah diberikan bantuan seperti pasokan air bersih, tempat penampungan air, cadangan beras serta dilakukan penyuluhan ke sejumlah kelompok petani dalam menanggulangi dampak kekeringan,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengingatkan jajarannya untuk selalu siap siaga menghadapi kekeringan, tidak hanya soal pasokan air bersih, tetapi juga kemungkinan terjadinya kebakaran dan ia berharap dengan sholat istsqo ini hujan akan segera turun.

“Mudah-mudahan dengan sholat istisqo ini dengan harapan sang pencipta segera menurunkan hujan agar masyarakat Gorontalo tidak lagi mengalami kekeringan seperti sekarang ini,” tuturnya.

Bahkan akibat kekeringan ribuan hektare area pertanian di Kabupaten Gorontalo mengalami gagal panen atau puso. (***)

Share
Published by
Arfandi

Recent Posts

KPU Kabgor Tingkatkan Partisipasi Masyarakat melalui Semarak Pilkada

PROSESNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo resmi menyelesaikan seluruh rangkaian acara Semarak Pemilihan…

14 jam ago

KAMMI Gorontalo Minta Disdikbud Selesaikan Kasus Bullying dalam Sepekan

PROSESNEWS.ID – Puluhan mahasiswa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Gorontalo menggelar aksi protes…

15 jam ago

Kapasitas Pasang-Roni Adnan Diakui Masyarakat Limboto Barat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Roni-Adnan mendapatkan apresiasi dari masyarakat saat menggelar…

16 jam ago

Usman Mbolosi Sebut Buteng Butuh Pemimpin Berkemampuan Akademis, Bukan Abal-Abal

PROSESNEWS.ID, Buton Tengah - Ketua Kerukunan Keluarga Wambuloli, Usman Mbolosi, mengatakan hanya pasangan Dr Azhari-Adam…

16 jam ago

KPU Pohuwato Akan Rekrut 1.806 Anggota KPPS untuk Sukseskan Pemilu 2024

PROSESNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato berencana merekrut 1.806 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan…

1 hari ago

Zulfikar Usira Pastikan Pasangan DEWA Akan Jangkau Seluruh Masyarakat Kabgor

PROSESNEWS.ID – Ketua tim pemenangan pasangan Hendra - Wasito (DEWA) , Zulfikar Usira menegaskan, pasangan…

2 hari ago