Peristiwa

Konsumsi Tembakau Gorilla, 2 Mahasiswa Gorontalo Ditangkap Polisi

PROSESNEWS.ID – Konsumsi Tembakau Gorila (Narkoba). Dua Mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi, di Provinsi Gorontalo, berhasil diringkus Tim Opsnal Ditresnarkoba Polda Gorontalo.

Masing-masing berinisial RK alias Pango, dan JHM alias Julfan. Keduanya ditangkap, sejak bulan februari. Adapun barang bukti yang didapati, yakni 1 sachet plastik tembakau Gorilla, dan 8 lintingan, yang diduga berisi tembakau Gorilla.

Penangkapan tersebut, berawal dari informasi warga. Berbekal informasi ini, Dengan sigap, petugas melakukan penelusuran, hingga akhirnya berhasil mengamankan RK. Tepatnya, disebuah kos-kosan yang ada di Kelurahan Huangobotu, Kecamatan Dungigi, Kota Gorontalo.

Saat diinterogasi, RK mengaku, barang tersebut ia dapat dari JHM. Saat itu juga, petugas melakukan pencarian, dan berhasil menangkap JHM, di kediamannya, yang ada di Jl. Nani Wartabone, Kota Gorontalo.

“Usai dilakukan penyelidikan dan pengujian di Puslabfor Makassar, tembakau gorilla, termasuk dalam daftar golongan Narkotika,” Ungkap Direktur Narkoba Polda Gorontalo, Kombes Dewa Putu Gede Artha saat Konferensi Pers. Kamis, (12/03/20).

Dijelaskannya, hal itu sesuai lampiran Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor 5 tahun 2020, tentang perubahan penggolongan Narkotika, di dalam Undang-undang Nomor 35, tahun 2009 tentang Narkotika.

Hal senada dijelaskan, Kabid Humas Polda Gorontalo, AKBP. Wahyu Tricahyono. Ia menjelaskan, saat ini kedua pelaku telah ditahan dan ditetapkan tersangka, dengan persangkaan Pasal 111 Ayat 1, Sub Pasal 112 Ayat 1, UU No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Sesuai pasal tersebut, maka keduanya dapat dijerat hukuman pidana penjara paling singkat 4 tahun, dan paling lama 12 tahun. Dengan pidana denda paling sedikit 800 juta, dan paling banyak 8 miliar,” Tandas Kabid Humas Polda Gorontalo.

Editor : Majid Rahman

Recent Posts

Tonny Marten Berdiskusi dengan Warga Leato Selatan, Bahas Kesejahteraan Nelayan

PROSESNEWS.ID – Pasangan calon gubernur dan wakil bubernur nomor urut 1, Tonny Uloli dan Marten…

9 jam ago

Program Gorontalo Quick Response RAMAH, Layanan Cepat Tanggap untuk Masyarakat

PROSESNEWS.ID - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo nomor urut 2, Mohamad…

13 jam ago

Kartu SAKTI Perpusnas Upaya Mempermudah Akses Layanan Literasi Digital Gorontalo

PROSESNEWS.ID - Kehadiran Satu Kartu Terintegrasi (SAKTI) yang merupakan kartu keanggotaan inisiasi dari Perpustakaan Nasional…

14 jam ago

Target Partisipasi Pemilih 100%, KPU Boalemo Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil

PROSESNEWS.ID - Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,…

1 hari ago

Satu Puskesmas Satu Dokter, Masyarakat Telaga Sambut Bahagia Program Hendra-Wasito

PROSESNEWS.ID - Kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Hendra Hemeto dan Warsito Sumawiyino (Dewa)…

1 hari ago

Rakor KPU Pohuwato Bahas Kampanye Paslon

PROSESNEWS.ID - Pada Rabu (16/10/2024) malam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato mengadakan rapat koordinasi…

1 hari ago